PENGARUH TINGKAT KONTINYUITAS PENYEDIAAN INFORMASI MANAJERIAL TERHADAP KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI ANGGARAN BERBASIS KINERJA : Studi Eksplanasi Tentang Pengaruh Tingkat Kontinyuitas Penyediaan Informasi Manajerial Terhadap Keefektifan Implementasi Anggaran

NURUL CHOMSIAH, 070216718 (2007) PENGARUH TINGKAT KONTINYUITAS PENYEDIAAN INFORMASI MANAJERIAL TERHADAP KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI ANGGARAN BERBASIS KINERJA : Studi Eksplanasi Tentang Pengaruh Tingkat Kontinyuitas Penyediaan Informasi Manajerial Terhadap Keefektifan Implementasi Anggaran. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2007-nurulchoms-5617-fisan1-k.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-nurulchoms-5617-fisan1-7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sejak berlakunya UU No 32 tahun 2004 tentang pemerintah Daerah, Pemerintah Daerah memiliki wewenang yang lebih besar dalam mengatur urusan rumah tangganya sendiri. Dampak dari perubahan sistem pemerintahan kearah desentralisasi ini kemudian menuntut perubahan dalam manajemen keuangan daerah.Pemerintah Daerah diberi kewenangan untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan menurut asas ekonomi dan tugas perbantuan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah sebagai pengganti Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 dan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah sebagai pengganti Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1999. Penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah seperti yang disebut diatas didanai dari dan atas beban anggaran pendapatan dan belanja daerah (APED), yang merupakan dasar pengelolaan keuangan daerah dalam masa satu tahun anggaran. Dalam Undang Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara pasal 19 (1) dan (2) menyebutkan bahwa, dalam rangka penyusunan RAPBT) Saluan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) selaku pengguna anggaran menyusun rencana kerja dan anggaran dengan pendekatan berdasarkan prestasi kerja yang akan dicapai, yang biasa disebut dengan Anggaran Berbasis Kinerja (ABK). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah Tingkat Kontinyuitas Penyediaan Informasi Managerial Berpengaruh Terhadap Keefektifan lmplementasi Anggaran Berbasis Kinerja, dengan menganbil lokasi di Dinas Pendapatan Kahupaten Gresik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random proporsional, dengan sampel sebanyak 50 orang (70%).Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan menggunakan korelasi Product Moment, dengan taraf signilikansi sebesar 5%. Untuk perhitungannya digunakan SPSS 12. Dari hasil perhitungan Product Moment diperoleh hasil r analisis > r tabel, yaitu 0,775 > 0,284. Karena r analisis lebih besar daripada r tabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang cukup kuat dan signifikan antara tingkat kontinyuitas penyediaan informasi manajerial dengan keefektifan implementasi anggaran berbasis kinerja. Sedangkan pengaruh Tingkat Kontinyuitas Penyediaan Informasi Managerial Berpengaruh Terhadap Keefektifan Implementasi Anggaran Berbasis Kinerja adalah sebesar 60,1% berada dalam interpretasi cukup tinggi. Hal ini berarti tingkat kontiyuitas penyediaan informasi cukup mempengaruhi tingkat keefektifan implementasi anggaran berbasis kinerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis AN 18 /07 Cha p
Uncontrolled Keywords: BUDGET; COMMUNICATION IN MANAGEMENT
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
NURUL CHOMSIAH, 070216718UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSunaryo, Drs., MPStUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 11 Dec 2007 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 22:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18136
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item