Pola menonton infotaiment di televisi (Studi deskriptif tentang pola menonton tayangan infotaiment pada perempuan dengan latar belakang status ekonomi sosial yang berbeda perempuan kelas menengah bawah dan perempuan kelas menengah atas di Kelurahan Gubeng

Chitra Dwi Ramadhani, 070517661 (2009) Pola menonton infotaiment di televisi (Studi deskriptif tentang pola menonton tayangan infotaiment pada perempuan dengan latar belakang status ekonomi sosial yang berbeda perempuan kelas menengah bawah dan perempuan kelas menengah atas di Kelurahan Gubeng. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-ramadhanic-14059-fisk21-k.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-ramadhanic-11899-fisk21-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang memaparkan pola menonton tayangan infotainment pada perempuan. Fokus penelitian ini adalah melihat bagaimana kecenderungan pola menonton tayangan infotainment pada perempuan secara keseluruhan dan pada perempuan ketika mereka dibagi berdasarkan dua kelompok kelas sosial, yaitu kalangan menengah bawah dan kalangan menengah atas. Infotainment telah menjadi suatu tayangan yang sangat fenomenal di televisi di mana kehadirannya bisa mencapai lebih dari 10 jam/hari. Sehingga akan sangat menarik untuk melihat bagaimana perempuan sebagai objek dalam penelitian ini menonton tayangan infotainment di tengah aktivitas kesehariannya. Untuk bisa melihat bagaimana pola menonton tayangan infotainment pada perempuan, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitaif deskriptif yang bertujuan untuk bisa menggambarkan dan mendeskripsikan suatu fenomena yang terjadi di masyarakat. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode survey dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Obyek dalam penelitian ini adalah perempuan berusia 20-39 tahun di Surabaya. Perempuan berusia 20-39 tahun dipilih karena mereka adalah kelompok yang paling banyak menonton tayangan infotainment. Sedangkan sampel yang digunakan adalah perempuan berusia 20-39 tahun di kelurahan Gubeng. Nantinya sampel yang ada akan dikelompokkan lagi menjadi dua kelompok yaitu perempuan dari kalangan menengah bawah dan perempuan dari kalangan menengah atas untuk melihat kecenderungan dari masing-masing kelompok kelas sosial dalam menonton tayangan infotainment. Teknik yang digunakan oleh peneliti untuk menentukan sampel yaitu secara random dengan menggunakan teknik multi stage sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pola menonton antara perempuan dari kalangan menengah bawah dan perempuan dari kalangan menengah atas. Berbagai faktor seperti kelas sosial, pendidikan dan pekerjaan ternyata ikut mempengaruhi perbedaan pola menonton antara perempuan dari dua kelompok kelas sosial tadi. Hasilnya menunjukkan perempuan dari kalangan menengah bawah ternyata akan menghabiskan waktu yang lebih lama untuk menonton tayangan infotainment dalam sehari jika dibandingkan dengan perempuan dari kalangan menengah atas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 21/10 Ram p
Uncontrolled Keywords: pola menonton televisi, infotainment, perempuan
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Chitra Dwi Ramadhani, 070517661UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Pudji Rahayu, Dra., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 01 Dec 2010 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 06:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18266
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item