Sri Artanti Maryani, 070517580 (2009) STRATEGI COMMUNITY RELATIONS PT. TELKOM DIVISI REGIONAL V JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-maryanisri-14069-fisk24-k.pdf Download (98kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-maryanisri-11902-fisk24-s.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini adalah mengenai strategi community relations yang dilakukan oleh sebuah perusahaan telekomunikasi terhadap communitynya. Menjaga hubungan baik dengan komunitas (community relations) sangat penting dilakukan karena komunitas yang dimiliki oleh perusahaan turut berperan dalam membangun persepsi dan opini bagi perusahaan. Melalui kegiatan dalam community relations, apabila kebutuhan komunitas terpenuhi maka dapat memunculkan rasa hormat dan kesan yang baik bagi perusahaan. PT Telkom Divre V Jawa Timur sebagai perusahaan telekomunikasi juga menjalin interaksi dengan komunitas, baik dalam arti sempit maupun luas. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah strategi dalam menjalankan community relations sebagai upaya untuk menyeimbangkan kegiatan komersial dengan kegiatan yang bersifat sosial. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi, PT Telkom Divre V Jawa Timur juga melaksanakan community relations yang berbasis lingkungan, yaitu Program Bina Lingkungan dengan Program Komposter Resapan sebagai salah satunya. Hal inilah yang menarik minat peneliti untuk menggambarkan bagaimana strategi community relations PT Telkom Divre V Jawa Timur melalui Program Bina Lingkungan, khususnya Program Komposter Resapan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus. Untuk pengumpulan data, peneliti melakukan wawancara mendalam (indepth interview) didukung dengan data sekunder yang diperoleh dari internet, artikel, dan buku internal perusahaan. Untuk mempertajam analisis dan interpretasi data, penelitian ini didukung dengan pembahasan dalam tinjauan pustaka mengenai peranan public relations, proses manajemen strategis dalam public relations, community relations sebagai salah satu kegiatan public relations, dan tahapan-tahapan dalam community relations. Dari analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa strategi community relations PT Telkom Divre V Jawa Timur pada Program Bina Lingkungan khususnya Program Komposter Resapan meliputi empat tahapan, yaitu pengumpulan fakta, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada akhir program. Terdapat temuan menarik dalam penelitian ini, yaitu pengumpulan fakta yang dilakukan sambil lalu mengingat program ini berasal dari proposal Pemkot Surabaya. Selain itu, terdapat kecenderungan ketidakseriusan dari PT Telkom Divre V Jawa Timur dalam mengkomunikasikan Program Komposter Resapan karena hanya menganggap bahwa program tersebut tidak berhubungan dengan bisnis yang dijalankan perusahaan dan dilakukan hanya untuk menaati Peraturan Kementrian BUMN. Kata kunci : public relations, community relations, program bina lingkungan
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis K 24 10 Mar s | ||||||
Uncontrolled Keywords: | strategi ; community relations | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Dhani Karolyn Putri | ||||||
Date Deposited: | 02 Dec 2010 12:00 | ||||||
Last Modified: | 21 Sep 2016 06:28 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18269 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |