Cindy Charisma S, 070517830 (2009) PERILAKU PENEMUAN INFORMASI SISWA SMA DALAM PERENCANAAN PEMILIHAN PROGRAM STUDI DI PERGURUAN TINGGI (STUDI DESKRIPTIF MENGENAI POLA PENEMUAN INFORMASI SISWA SMA DI SURABAYA UNTUK PERENCANAAN PEMILIHAN PROGRAM STUDI DI PERGURUAN TINGGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-cindychari-12255-fisiip-p.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian perilaku penemuan informasi telah banyak dilakukan oleh para peneliti di berbagai bidang seperti ilmuwan sosial, anak – anak, wanita dan remaja. Dalam studi ini peneliti tertarik melakukan penelitian perilaku penemuan informasi pada remaja khususnya siswa SMA dalam merencanakan pendidikan lanjutan setelah lulus SMA. Alasan peneliti melakukan penelitian ini dikarena perencanaan karir remaja setelah lulus SMA perlu dipikirkan secara matang agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari, perencanaan karir tersebut yaitu perencanaan pemilihan program studi di perguruan tinggi. Perencanaan pemilihan program studi dilakukan dalam bentuk perilaku penemuan informasi yang meliputi sumber dan saluran informasi, hambatan dan faktor – faktor yang mempengaruhi siswa dalam menemukan informasi. Penelitian ini menemukan bahwa siswa telah memiliki rencana program studi mana yang akan dipilih beserta perguruan tinggi yang digunakan sebagai tempat untuk melanjutkan studi. siswa merasa mudah memperoleh informasi mengenai program studi karena kemudahan untuk mengakses informasi dengan menggunakan media internet dan internet mampun menyediakan atau memberikan segala bentuk informasi yang dibutuhkan oleh siswa sehingga internet merupakan sumber dan saluran informasi yang paling banyak digunakan oleh siswa karena fleksibel dan mobile. Meskipun internet mampu memberikan segala informasi yang dibutuhan oleh siswa tetapi siswa memiliki hambatan atau kendala untuk meluangkan waktu mereka mencari informasi yang disebabkan karena aktivitas dan kesibukan di sekolah dan diluar sekolah. Faktor psikologi yaitu kemandirian memiliki pengaruh bagi siswa dalam memilih program studi dan pilihan program studi teman sebaya tidak mempengaruhi siswa dalam memilih program studi. Namun teman sebaya menjadi motivator sekaligus kompetitor dalam proses penemuan informasi dan pemilihan program studi
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis IIP 22/10 Cin p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | COnsumer behavior | ||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Turwulandari | ||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2011 12:00 | ||||||
Last Modified: | 24 Jun 2019 03:43 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18282 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |