IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PROGRAM JAMSOSTEK (Studi Deskriptif Mengenai Pelaksanaan Jaminan Sosial Tenaga Kerja di PT.ECCO Indonesia di Desa Bliogo Kecamatan Candi Sidoarjo)

NORMA KARUNIAWATI, 070517725 (2008) IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PROGRAM JAMSOSTEK (Studi Deskriptif Mengenai Pelaksanaan Jaminan Sosial Tenaga Kerja di PT.ECCO Indonesia di Desa Bliogo Kecamatan Candi Sidoarjo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
83. Abstrak Fis S 15-10 Kar i.pdf

Download (666kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-karuniawat-12876-fiss15-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Jaminan sosial tenaga kerja dalam perundang-undangan adalah perlindungan bagi tenaga kerja dalam bentuk santunan berupa uang sebagai pengganti sebagian dari penghasilan yang hilang atau berkurang dan pelayanan sebagai akibat peristiwa atau keadaan yang di alami oleh tenaga kerja berupa kecelakaan kerja, sakit, hamil, bersalin, hari tua, dan meninggal dunia. Adapun perlindungan terhadap tenaga kerja tersebut bersifat dasar, artinya untuk menjaga harkat dan martabat manusia apabila mengalami risiko-risiko sosial ekonomi dengan pembayaran yang terjangkau oleh pengusaha dan tenaga kerja. Pelaksanaan jamsostek dilandasi filosofi kemandirian dan harga diri untuk mengatasi risiko sosial ekonomi. Kemandirian tidak berarti tergantung pada orang lain dalam membiayai perawatan pada waktu sakit, kehidupan di hari tua, maupun keluarganya bila meninggal dunia. Harga diri berarti jaminan tersebut diperoleh dari hak dan bukan dari belas kasihan orang lain. Untuk menyelenggarakan program jamsostek, pemerintah menunjuk PT Jamsostek sebagai badan penyelenggara (PP No.36 Tahun 1995). Adapun badan yang mengawasi PT Jamsostek adalah kantor Depnaker, tempat perusahaan tersebut bernaung. Pengelolaan jamsostek dilaksanakan dengan mekanisme ”Asuransi Sosial”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S 15 10 Kar i
Uncontrolled Keywords: SOCIAL SERVICES, INSURANCE HEALTH
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG9371-9399 Health insurance
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
NORMA KARUNIAWATI, 070517725UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIB.Wirawan,, Prof., DR., SU., MSiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 30 Jun 2015 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 06:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18284
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item