KAMPANYE PEMILU WALIKOTA SURABAYA DI DUNIA MAYA Studi Kasus Penggunaan Internet (Website dan Jejaring Sosial Facebook) oleh Pasangan Tri Rismaharini – Bambang DH dan Arif Afandi - Adies Kadir Dalam Kampanye Pilwali Surabaya 2010.

Anggia Septi Rurinda, 070610229 (2010) KAMPANYE PEMILU WALIKOTA SURABAYA DI DUNIA MAYA Studi Kasus Penggunaan Internet (Website dan Jejaring Sosial Facebook) oleh Pasangan Tri Rismaharini – Bambang DH dan Arif Afandi - Adies Kadir Dalam Kampanye Pilwali Surabaya 2010. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2012-rurindaang-22806-fisp20-k.pdf

Download (89kB)
[img] Text (fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2012-rurindaang-18813-fisp20-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang penggunaan inetrnet dalam kampanye pilwali surabaya 2010. Dimana internet sebagai media baru, yang bebas dan tidak memihak. Internet meberikan sebuah tempat bagi masyarakat di Indonesia untuk mengeluarkan aspirasinya. Demikian pula dengan warga kota Surabaya. Warga Surabaya yang dinilai telah akrab dengan internet apalagi jejaring sosial facebook mebuat para calon-calon yang maju dalam pilwali 2010 berlomba-lomba untuk mengkampanyekan dirinya lewat jejaring sosial yang paling banyak di gunakan ini. Menggunakan website dan facebook untuk berkampanye diharapkan dapat memberikan informasi kepada warga Surabaya yang tidak sempat datang dan mengikuti kampanye. Sehingga mereka dapat mengikuti kampanye dari website yang dimiliki masing-masing calon saja. Pasangan Arif Afandi-Adies Kadir (CACAK) dan pasangan Risma-Bambang (RIDHO) juga melakukannya. Mereka membuat website sebagai media untuk melaporkan atau menginformasikan kegiatan kampanye yang telah dilakukan dan berita-berita di media massa yang menyangkut kampanyenya, dengan kata lain mereka menggunakan website untuk mencitrakan diri mereka. Selain website kedua pasangan tersebut juga memiliki akun facebook. Media ini dipilih karena telah digunakan oleh sebagian besar masyarakat surabaya, apalagi kalangan pelajar, akademisi, pengusaha, karyawan, dan pegawai negeri. Terdapat kelebihan jika melaksanakan kampanye dalam dunia maya ini. Bagi kedua calon, mereka dapat menjaring dukungan masyarakat dan mengambil simpati dari masyarakat. Dan lebih banyak lagi keuntungan bagi masyarakat Surabaya, salah satunya yang paling utama adalah mereka dapat menyalurkan aspirasi mereka langsung kepada para calon. Sehingga apa yang menjadi pertanyaan, masukan, dukungan, pertanyaan, ataupun kritik dapat mereka lakukan dengan menulis komentar ke facebook ataupun website yang dimiliki oleh masing-masing calon

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis P 20/11 Rur k
Uncontrolled Keywords: ELECTION; INTERNET
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3289-3367 Organs of government > K3290-3304 The people. Election law
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Anggia Septi Rurinda, 070610229UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPRIYATMOKO, Drs.,M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 30 Jan 2012 12:00
Last Modified: 25 Jul 2016 07:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18350
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item