KESELAMATAN dan KESEHATAN KERJA (Studi Deskriptif : Implementasi Keselamatan Kerja di Food and Beverage Area Hotel Town Square suite Surabaya)

Didi Syaputra Lawijaya, 071002033 (2014) KESELAMATAN dan KESEHATAN KERJA (Studi Deskriptif : Implementasi Keselamatan Kerja di Food and Beverage Area Hotel Town Square suite Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-lawijayadi-29853-10.abst-i.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Di negara-negara berkembang, kesehatan dan keselamatan kerja nampaknya masih menjadi hal yang kurang diperhatikan. Hotel salah satunya yang sering terjadi kecelakaan kerja yang menimpa para karyawan, terutama di departemen food an beverage area. Tujuan peneliti menulis tentang implementasi keselamatan kerja di food and beverage area hotel Town Square suite Surabaya antara lain (1) untuk mengetahui jenis kasus kecelakaan kerja yang terjadi di food and beverage area hotel Town Square suite Surabaya, (2) untuk mengetahui pelaksanaan keselamatan kerja di food and beverage area hotel Town Square suite Surabaya, dan (3) untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan keselamatan kerja di food and beverage area hotel Town Square suite Surabaya. Penelitian ini mengambil lokasi hotel Town Square suite Surabaya pada bagian food and beverage area yang terletak di jalan Hayam Wuruk nomor 6 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang artinya menjelaskan dan menggambarkan secara menyeluruh mengenai keselamatan kerja di departemen food and beverage area. Untuk mengumpulkan data-data, peneliti menggunakan 3 metode antara lain observasi, wawancara, dan pengumpulan data. Observasi yang digunakan peneliti adalah observasi tertutup. Wawancara yang digunakan peneliti adalah wawancara dengan melalui pencatatan pewancara. Data yang digunakan dalam peneliti ini seperti foto-foto hasil observasi, hasil wawancara, data-data dari pihak hotel, dan dokumen lainnya. Hasil akhir penelitian, bahwa hotel Town Square suite Surabaya pada bagian food and beverage area masih terjadi kecelakaan kerja. Di food and beverage area mempunyai beberapa jenis kasus kecelakaan. Jenis kasus kecelakaan kerja yang terjadi di food and beverage area antara lain terpeleset, terisis pisau dan lain-lain. Faktor penyebab kecelakaan kerja di food and beverage area antara lain peralatan yang ada di kitchen yang dapat membayakan karyawan, lingkungan kerja, keteledoran sumber daya manusia, proporsi karyawan saat high season, dan event banquet. Untuk meningkatkan keselamatan kerja, hotel Town Square suite Surabaya memberikan beberapa cara untuk mengurangi kecelakaan kerja di departemen food and beverage area antara lain standart operational prosedur, memberikan jaminan kesehatan kepada karyawan, dan kebijakan hotel lainnya. Ada beberapa macam kendala yang terjadi di food and beverage area antara lain perilaku karyawan, kualitas peralatan yang tidak baik untuk digunakan, prosedur pergantian peralatan yang terlalu panjang, dan dana yang di peroleh pihak hotel. Pihak manajemen harus menggantikan peralatan food and beverage area yang rusak, dan pihak manajemen harus lebih peduli terhadap karyawan kitchen seperti manambahkan fasilitas di food and beverage product.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.PW.10/14 Law k
Uncontrolled Keywords: KESEHATAN KERJA
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation
T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM
Didi Syaputra Lawijaya, 071002033UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Endah Nurhidayati, Dr., S.Sos., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2014 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 04:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18481
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item