PERAN MEKANISME INTEGRASI PENGETAHUAN PADA PENGARUH ORGANIZATIONAL KNOWLEDGE CAPABILITIES TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Batik di Surabaya dan Sidoarjo)

DIAN KHALISHA DWI NURHADI, 040912253 (2013) PERAN MEKANISME INTEGRASI PENGETAHUAN PADA PENGARUH ORGANIZATIONAL KNOWLEDGE CAPABILITIES TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Batik di Surabaya dan Sidoarjo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-nurhadidia-26765-5.abstr-k.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mekanisme integrasi pengetahuan dalam organisasi berguna untuk menghasilkan informasi baru yang telah terintegrasi guna meningkatkan kegiatankegiatan pemasaran organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan mekanisme integrasi pengetahuan baik sebagai mediator ataupun moderator dalam pengaruh organizational knowledge capabilities terhadap kinerja pemasaran pada UKM Batik di Surabaya dan Sidoarjo. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini antara lain, organizational knowledge capabilities, mekanisme integrasi pengetahuan, dan kinerja pemasaran. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi mediasi dan regresi moderasi, dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebar 50 kuisioner kepada pemilik dan karyawan UKM di Surabaya dan Sidoarjo, serta 81 kuisioner yang disebarkan kepada pelanggan dari masing-masing UKM batik yang menjadi obyek penelitian. Hasil penelitian membuktikan bahwa organizational knowledge capabilities memiliki pengaruh yang signifikan terhadap mekanisme integrasi pengetahuan. Organizational knowledge capabilities juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pemasaran. Namun, mekanisme integrasi pengetahuan dalam penelitian ini tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hubungan antara organizational knowledge capabilities dengan kinerja pemasaran baik sebagai mediator maupun sebagai moderator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.156/13 Nur p
Uncontrolled Keywords: ORGANIZATIONAL KNOWLEDGE CAPABILITIES
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
DIAN KHALISHA DWI NURHADI, 040912253UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Wahyuni Astuti, Prof. Dr., SE, MSUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 03 Sep 2013 12:00
Last Modified: 22 Aug 2016 05:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1859
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item