HUBUNGAN KADAR HEMOGLOBIN IBU DENGAN NILAI APGAR DAN BERAT BADAN BAYI BARU LAHIR Di Rumah Sakit Umum Haji Surabaya

SILVIA DELFIANTI, NIM010912077 (2014) HUBUNGAN KADAR HEMOGLOBIN IBU DENGAN NILAI APGAR DAN BERAT BADAN BAYI BARU LAHIR Di Rumah Sakit Umum Haji Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
4. ABSTRAK .pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 02-14 Del h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kadar hemoglobin ibu akan sejalan dengan asupan nutrisi ibu selama kehamilan. Ibu dengan status gizi kurang biasanya akan menunjukkan kadar hemoglobin yang rendah. Telah diketahui bahwa anemia pada ibu hamil beresiko terhadap persalinan preterm, berat badan lahir rendah dan retardasi pertumbuhan janin. Status gizi sangat berpengaruh terhadap kejadian BBLR. Ibu dengan status gizi kurang sebelum hamil mempunyai resiko 4,27 kali melahirkan bayi BBLR dibandingkan dengan ibu yang mempunyai status gizi baik (normal). Penelitian dengan judul hubungan kadar hemoglobin ibu dengan nilai apgar dan berat badan lahir bayi di RSU Haji Surabaya bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kadar hemoglobin ibu dengan nilai apgar dan berat badan lahir bayi. Penelitian ini adalah penelitian Analitik dengan desain crosssectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu bersalin periode Januari – Juni 2010 yang berjumlah 517 ibu, sampel penelitian ini adalah sebagian ibu bersalin yang berjumlah 90 ibu yang diambil secara Simple Random Sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kadar hemoglobin ibu sedangkan variabel dependen adalah nilai apgar dan berat badan lahir bayi. Penelitian ini menggunakan sumber data sekunder dengan melihat rekam medik kemudian dilakukan tabulasi. Uji statistik dalam penelitian ini adalah Kolmogorov Smirnov dan korelasi Pearson Product Moment. Dari hasil uji statistic diperoleh p = 0,111 >α 0,05, berarti tidak ada hubungan antara kadar hemoglobin ibu dengan nilai apgar bayi. p = 0,000 <α 0,05 berarti ada hubungan antara kadar hemoglobin ibu dengan berat badan lahir bayi dengan kekuatan korelasi sedang (r = 0,505). Simpulan dalam penelitian ini, kadar hemoglobin ibu behubungan dengan berat badan lahir namun tidak berhubungan dengan nilai apgar bayi. Status kesehatan ibu selama hamil dan bersalin mempengaruhi hasil luaran bayi oleh karena itu selama proses tersebut ibu diharapkan dapat memenuhi kebutuhan asupan nutrisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID 02 / 14 Del h
Uncontrolled Keywords: BERAT BADAN LAHIR
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1-418.5 Medicine and the state > RA411-415 Provisions for personal medical care. Medical care plans
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsNIM
SILVIA DELFIANTI, NIM010912077NIM010912077
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHilmi Yumni, M.Kep, Sp.MatUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 26 Mar 2014 12:00
Last Modified: 30 Sep 2016 14:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18676
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item