HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KEPUTIHAN DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN KEPUTIHAN PADA REMAJA PEREMPUAN DI SMK MUHAMMADIYAH I SURABAYA

LOLA NOVIANI FADILAH, NIM010830477 (2010) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KEPUTIHAN DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN KEPUTIHAN PADA REMAJA PEREMPUAN DI SMK MUHAMMADIYAH I SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
4. ASBTRAK .pdf

Download (50kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 18-14 Fad h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masalah perilaku seksual telah menyebabkan remaja menghadapi berbagai tantangan masalah kesehatan reproduksi. Setiap tahun hampir 100 juta terinfeksi Infeksi Menular Seksual (IMS). Pengetahuan dan perilaku reproduksi mereka saat ini akan mempengaruhi kualitas generasi penerus bangsa selanjutnya. Di Indonesia sejumlah pengamatan menunjukkan adanya peningkatan aktivitas seks dikalangan remaja , dengan demikian kecenderungan ini diasumsikan akan meningkatkan prevalensi IMS pada remaja. Penelitian di lima Universitas di Surabaya mengungkapkan data mengenai usia pertama kali berhubungan seksual yaitu 47,1% melakukannya ketika masih duduk di bangku SMA yaitu pada usia 16-18 tahun. Selain berhubungan dengan kejadian IMS/ISR, hubungan seksual pada remaja berkaitan dengan Kehamilan tidak diinginkan dan peningkatan risiko kanker serviks di masa yang akan datang. Keputihan sebagai salah satu gejala dari ISR/IMS dan kanker serviks tersebut perlu diperhatikan karena banyak perempuan mengabaikan gejala tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya hubungan antara pengetahuan tentang keputihan dengan perilaku pencegahan keputihan pada remaja perempuan di SMK Muhammadiyah I Surabaya. Penelitian dengan jenis analitik ini telah dilaksanakan dengan rancangan cross sectional. Populasinya adalah seluruh remaja perempuan di SMK Muhammadiyah I Surabaya. Sampel ditentukan dengan probability sampling yaitu dengan menggunakan proportionate stratified random dan systematic random sampling untuk menentukan remaja perempuan yang akan menjadi responden. Besar sampel 142 responden. Variabel yang diteliti pada studi ini terdiri dari variabel independen berupa pengetahuan tentang keputihan dan variabel dependen berupa perilaku pencegahan keputihan. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk mengumpulkan data primer yang bersumber pada remaja perempuan. Analisis yang digunakan adalah uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian dari 142 responden Usia terbanyak adalah 17 tahun yaitu sebesar 35,9%, 98 orang remaja (69%) sudah pernah mendapatkan informasi mengenai kesehatan reproduksi remaja, 44,9% responden mendapatkan informasi tentang kesehatan reproduksi dari guru, sebanyak 92 orang (64,8%) mempunyai tingkat pengetahuan cukup dan sebanyak 46 orang (32,4%) telah melakukan perilaku pencegahan tingkat 3 . Kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentang keputihan dengan perilaku pencegahan keputihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID 18 / 14 Fad h
Uncontrolled Keywords: KEPUTIHAN ; PENCEGAHAN
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsNIM
LOLA NOVIANI FADILAH, NIM010830477NIM010830477
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBambang Trijanto,, dr. Sp.OG (K),UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 26 Mar 2014 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 05:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18690
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item