PENGARUH PROGRAM PIK-KRR TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI WATES-KEDIRI

TITIS WARDANI, NIM010912038 (2013) PENGARUH PROGRAM PIK-KRR TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI WATES-KEDIRI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 229-14 War p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masa depan bangsa ada ditangan remaja. Sepak terjang remaja akan berpengaruh pada pembangunan dari aspek sosial, ekonomi maupun demografi pada saat ini maupun masa depan. Remaja perlu dipersiapkan dengan baik dengan meningkatkan sikap dan perilaku positif remaja antara lain tentang kesehatan reproduksi, melalui BKKBN pemerintah mengembangkan suatu wadah untuk konsultasi bagi remaja yang disebut dengan Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK-KRR). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh program PIK-KRR terhadap pengetahuan tentang kesehatan reproduksi remaja pada siswa sekolah menengah atas. Jenis penelitian ini adalah experimental dengan menggunakan pendekatan posttest only group design.Populasi berasal dari 2 sekolah yang berbeda. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel berjumlah 62 orang untuk kelompok perlakuan dan 62 untuk kelompok kontrol berasal dari masing-masing 2 kelas dari 2 sekolah yang berbeda. Variabel dependen adalah pengetahuan kesehatan reproduksi remaja dan variabel independent adalah program PIK-KRR. Alat ukur menggunakan teknik angket langsung berstruktur berbentuk pilihan. Uji statistik yang digunakan adalah uji t 2 sampel bebas dengan α = 0,05. Hasil penelitian di dapatkan rata-rata nilai pengetahuan kesehatan reproduksi 82,89% sedangkan siswa dari sekolah yang tidak melaksanakan program PIK-KRR memiliki rata-rata nilai pengetahuan kesehatan reproduksi 68,34%. Dengan menggunakan uji t dua sampel bebas diperoleh nilai probabilitas 0,000 dimana p < 0,05 menunjukan ada pengaruh pemberian program PIK-KRR tehadap pengetahuan kesehatan reproduksi remaja. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh program PIK-KRR terhadap pengetahuan tentang kesehatan reproduksi remaja pada siswa Sekolah Menengah Atas di Wates- Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID 229 / 14 War p
Uncontrolled Keywords: REPRODUKSI
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsNIM
TITIS WARDANI, NIM010912038NIM010912038
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorK.Kasiati, , S.Pd., M.Kes.,UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 17 Apr 2014 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 01:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18774
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item