HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SUMENEP TAHUN 2013 DALAM PENCEGAHAN HIV-AIDS

Ruwita Alri Pratiwi, NIM010912040 (2013) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SUMENEP TAHUN 2013 DALAM PENCEGAHAN HIV-AIDS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 237-14 Pra h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit HIV/AIDS merupakan new emerging diseases dan menjadi pandemi di semua kawasan beberapa tahun terakhir ini. Tingginya angka HIV/AIDS, hilangnya masa produktif dari penderita berdampak pada kehilangan usia produktif di Indonesia. Hal ini disebabkan karena perilaku berisiko yang salah satunya terjadi dikalangan anak usia sekolah dan merupakan kelompok rentan tertularnya HIV/AIDS. Kurangnya pengetahuan remaja tentang HIV-AIDS mempengaruhi perilaku pencegahan yang dilakukan remaja sehingga akan meningkatkan kerentanan remaja tertular HIV-AIDS. Berdasarkan fenomena tersebut, tujuan penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku pencegahan HIV-AIDS pada remaja. Metode penelitian ini, analitik yang berdesain cross sectional. Populasinya adalah siswi kelas X, XI, XII yang bersekolah di SMA Muhammadiyah 1 Sumenep tahun 2013. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Besar sampel 86 orang. Variabel independennya adalah tingkat pengetahuan remaja tentang HIV-AIDS dan variabel dependennya adalah perilaku pencegahan HIV-AIDS. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan pertanyaan tertutup. Analisis data menggunakan uji korelasi spearman rank (rho) menggunakan bantuan SPSS 18.0. Hasil penelitian dari 86 responden didapatkan data sebanyak (53,3%) memiliki pengetahuan cukup tentang HIV-AIDS dan sebanyak (70%) memiliki perilaku baik dalam mencegah HIV-AIDS. Hasil uji korelasi spearman rank (rho) dengan nilai α = 0,05 didapatkan nilai koefisien korelasi = 0,342 dengan nilai signifikansi hitung p=0,001 <α. Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan perilaku pencegahan HIV-AIDS pada remaja karena pengetahuan yang cukup akan menimbulkan perilaku pencegahan yang baik pada siswa terhadap HIV-AIDS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID 237 / 14 Pra h
Uncontrolled Keywords: HIV-AIDS
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC554-569.5 Personality disorders. Behavior problems Including sexual problems, drug abuse,suicide, child abuse
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsNIM
Ruwita Alri Pratiwi, NIM010912040NIM010912040
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLilik Herawati,, dr., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 17 Apr 2014 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 04:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18780
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item