ANALISIS MAKNA PACARAN DAN PERILAKU SEKS PRANIKAH PADA REMAJA USIA 15-18 TAHUN

Rafi'ana Budiani, NIM011112066 (2013) ANALISIS MAKNA PACARAN DAN PERILAKU SEKS PRANIKAH PADA REMAJA USIA 15-18 TAHUN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 193-14 Bud a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masa remaja merupakan masa dimana terjadi berbagai perubahan yang sangat mencolok, penuh dengan gejolak perasaan, keinginan dan dorongan yang dapat tersalur dalam perilakunya. Banyak remaja yang melakukan perilaku seks pranikah ketika berpacaran. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah fenomena pacaran dan perilaku seks pranikah pada remaja saat ini sudah dianggap sebagai sesuatu yang wajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis makna pacaran dan perilaku seks pranikah pada remaja 15-18 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif fenomenologi. Subjek penelitian terdiri dari remaja berusia 15-18 tahun yang pernah berpacaran dan melakukan perilaku seks pranikah serta berada di wilayah kota Surabaya. Subjek penelitian sebanyak 8 orang yang ditentukan secara snowball sampling. Penelitian dilakukan pada bulan Mei-Juni 2013. Analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian didapatkan pemahaman remaja mengenai pacaran yaitu hubungan yang terjalin berdasarkan rasa suka sama suka. Pengalaman berpacaran yang dimiliki mulai dari pertama kali sampai lebih dari dua puluh kali berpacaran. Hubungan tersebut dimaknai sebagai cara untuk mendapatkan kasih sayang, tambahan semangat dan motivasi, serta untuk mendapatkan kesenangan. Perilaku seks pranikah yang dipahami remaja adalah berhubungan seks sebelum menikah. Pengalaman terhadap perilaku seks pranikah yang dimiliki subjek penelitian mulai dari kissing sampai melakukan intercourse, oral seks, anal seks dan onani/masturbasi. Perilaku tersebut dimaknai sebagai trend masa kini, bukti cinta dan pelampiasan nafsu. Kesimpulan dari penelitian ini, makna pacaran dan perilaku seks pranikah bagi remaja diperoleh dari lingkungan pergaulan yang permisif terhadap pacaran dan perilaku seks pranikah, kurangnya pengendalian diri serta adanya tuntutan pasangan untuk membuktikan cinta. Hal ini dilatarbelakangi oleh keadaan keluarga yang kurang baik, lingkungan pergaulan yang permisif terhadap perilaku seks pranikah serta seringnya terpapar dengan hal-hal yang berkaitan dengan pacaran dan perilaku seks pranikah. Untuk itu diperlukan pemenuhan perhatian dan kasih sayang serta pengontrolan terhadap pergaulan remaja, juga peningkatan pemahaman dan pengendalian gejolak perasaan serta dorongan seksual yang dialami remaja melalui berbagai kegiatan positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID 193 / 14 Bud a
Uncontrolled Keywords: REMAJA
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ19-30.7 Sexual behavior and attitudes. Sexuality
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsNIM
Rafi'ana Budiani, NIM011112066NIM011112066
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPudji Lestari,, Dr. dr., M.Kes,UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 23 Apr 2014 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 04:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18810
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item