GAMBARAN PERILAKU SADARI WANITA USIA SUBUR (Studi Deskriptif Di RT VI RW IV Kelurahan Plolo Kecamatan Tambaksari Sanbaya)

KARTIKA DEWI PURNAMASARI, NIM010912024 (2013) GAMBARAN PERILAKU SADARI WANITA USIA SUBUR (Studi Deskriptif Di RT VI RW IV Kelurahan Plolo Kecamatan Tambaksari Sanbaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. RINGKASAN .pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 246-14 Pur g.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kanker payudara menduduki peringkat pertama dari 10 kanker terbesar. hal ini terjadi di RS Dharmais. Hampic 85% pasien kanker payudara datang ke rumah sakit dalam keadaan stadium lanjut. Hal ini akan mempengaruhl prognosis dan tingkat kesembuhan pasien. Padahal jika kanker payudara dltemukan dalam stadium awal, maka tingkat kesembuhan pasien akan sangat baik. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi WUS tidak melakukan SADARl dan peran simulasi SADAAI terhadap perubahan pengetahuan dan sikap SADARI di RT VI RW IV Kelurahan Kecamatan Tambaksari Surabaya. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi wacana ilmiah untuk. mempelajari karakteristik wanita usia subur yang tidak melakukan SADARI sehingga dapat diupayakan menurunkan angka kematian akibatkankerpayudrum. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dcskripti f dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pemllihan informan menggunakan Snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan metode mixed method yailu metode Focus Group Discussion (FGD). wawancara mendalam (Indepth interview) dan menggunakan angketlkuesioner (Pre-Post Test). Dalam penelitian ini didapatkan : 1) Hampir seluruh (94,73%) wanila lIsia subur dalam indeplh interview dan FGD mcmiliki pengetahuan yang kurang mengenai kanker payudara dan SADARI. 2) Hampir scluru11 (84.97%) wauita usia subur dalam penelitian ini setuju dan berslkap positif terhadap pencegahan <.Iini kanker payudara. 3) Sebagian besar (52.63%) wanila usia subur telah melaksanakan praktik SADARI dengan alasan untuk mengetalllli adanya benjolan. Akan tetapi pelaksanaan pemeriksaan payudara sendiri masih kurang benar sesuai dengan prosedur yang ada. 4) Pak'1or predisposisi, faktor pemungkin dan faktor penguat hampir semua faktor ini belum bisa merubah perilaku 5) Gambaran wanita usia subur pada data kualitatir yang memiliki pengetahuan kurang, tetapi mempunyai sikap yang baik, dan perilaku yang sebagian melakukan SADARI waJaupun tidak sesuai dengan prosedur yang baik karena pengetahuan mereka yang kurang dan juga faktor lingkwlgan di sekitamya. 6) Simulasi SADARI dapat mempengaruhi perubahan pengetahuan seseorang akan tetapi tidak ada hubungan terhadap peruhahan stkap seseorang. 7) Data kualitatif dan kuantitatif menunjukkan wanita usia suhur dalam penelitian ini cenderung berpengetahuan yang baik mengenai SADARI dan kurang mengenai kanker payudara, sikap dan perilaku menunjukkan baik mengenai SADARl. baJ ini dikarenakan sudah pemah dilakukan penyuJuhan mengenai pemeriksaan payudara sendiri daripada materi mengenai kanker payudara yang cenderung kurang diberikan ill wiI ayah ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID 246 / 14 Pur g
Uncontrolled Keywords: BREAST CANCER
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsNIM
KARTIKA DEWI PURNAMASARI, NIM010912024NIM010912024
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSUNJOTO, , dr., SpOG(K)UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 28 Apr 2014 12:00
Last Modified: 15 Sep 2016 06:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18837
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item