EFEK PEMBERIAN EKSTRAK ALOE VERA TERHADAP JUMLAH OSTEOBLAST TULANG ALVEOLAR CAVIA COBAYA PADA PERGERAKAN GIGI ORTODONTI(Kajian Histologis)

ANNISA PUTRI, 021011003 (2013) EFEK PEMBERIAN EKSTRAK ALOE VERA TERHADAP JUMLAH OSTEOBLAST TULANG ALVEOLAR CAVIA COBAYA PADA PERGERAKAN GIGI ORTODONTI(Kajian Histologis). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang: Ketidakstabilan pergerakan gigi ortodonti diperkirakan diakibatkan oleh ketidakseimbangan remodeling tulang alveolar. Untuk menghindari proses resorbsi tulang alveolar berlebih diperlukan kompensasi aposisi oleh osteoblast yang baik. Berdasarkan penelitian, Aloe vera mengandung polisakarida accemannan yang berpotensi meningkatkan jumlah osteoblast. Tujuan: Mengetahui peningkatan jumlah osteoblast pada tulang alveolar Cavia Cobaya yang diberi ekstrak Aloe vera pada pergerakan gigi ortodonti. Metode: Hewan coba Cavia Cobaya galur jantan, berat 200-300 gram dibagi kedalam 1 kelompok kontrol dan 1 kelompok perlakuan yang diberi ekstrak Aloe vera 3,1 mg dilarutkan 2ml akuades per hari. Separator dipasang diantara insisivus sentral maksila. Setelah hari ke empat belas, hewan coba dikorbankan dan pada daerah interdental sampai periapikal dibuat sediaan HPA dengan pengecatan Heomatoxilin Eosin (HE). Jumlah osteoblast diamati menggunakan mikroskop cahaya dari 5 lapang pandang dengan perbesaran 1000x. Data penelitian dianalisis dengan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dilanjutkan uji beda dua rerata Independent-t-test. Hasil: Jumlah osteoblast meningkat pada kelompok perlakuan yang diberi ekstrak Aloevera. Uji Kolmogorov-Smirnov diperoleh hasil kedua kelompok mempunyai sebaran data normal masing masing nilai signifikansi kontrol 0,957 dan dperlakuan 0,796 (p> 0,05). Uji Independent t-test diperoleh hasil ada perbedaan yang bermakna antara kelompok kontrol dengan perlakuan. Kesimpulan: Ekstrak Aloe vera mampu meningkatkan jumlah osteoblast pada tulang alveolar Cavia Cobaya dengan pergerakan gigi ortodonti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG. 125/14 Put e
Uncontrolled Keywords: Aloevera extracts, orthodontic tooth movement, osteoblast
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
ANNISA PUTRI, 021011003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIda Bagus Narmada, Dr. , drg., Sp.Ort. (K)UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 06 Feb 2014 12:00
Last Modified: 11 Aug 2016 05:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/19561
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item