MODIFIKASI FILM HOLDER SEBAGAI ALAT BANTU PEMBUATAN RADIOGRAFIK TEKNIK SLOB UNTUK MELIHAT SALURAN AKAR P1 ATAS (Studi Komparasi Angulasi Mesial dan Distal)

Mieke Sari Nalurisa, 020610148 (2010) MODIFIKASI FILM HOLDER SEBAGAI ALAT BANTU PEMBUATAN RADIOGRAFIK TEKNIK SLOB UNTUK MELIHAT SALURAN AKAR P1 ATAS (Studi Komparasi Angulasi Mesial dan Distal). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-nalurisami-14782-kg1031-k.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-nalurisami-12340-kg1031-m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Background. Radiografik intraoral di bidang kedokteran gigi merupakan pendukung penting dalam penentuan diagnosa, rencapa perawatan, dan evaluasi hasil perawatan, khususnya pada perawatan endodontik. Teknik radiografik yang sering digunakan pada perawatan endodontik adalah radiografik periapikal. Radiografik yang sering digunakan pada perawatan endodontik gigi premolar pertama rahang atas adalah radiografik periapikal dengan teknik parallel, namun teknik ini tidak selalu dapat memperlihatkan kedua saluran akar gigi dengan jelas. Akibatnya, saluran akar bukal dan palatal dari gigi premolar pertama permanen rahang atas sering terlihat tumpang tindih. Idealnya, ketika akan membuat radiodiagnostik pada gigi yang memiliki saluran akar dua atau lebih, praktisi harus menggunakan teknik SLOB, dengan posisi sudut cone yang tepat adalah 20 o pada angulasi mesial dan distal. Pada kesempatan ini penulis ingin membuat suatu alat inovatif degan modifikasi film holder standar untuk memudahkan radiografik teknik SLOB guna melihat jumlah saluran akar pada gigi premolar pertama permanen rahang atas secara tepat dengan membandingkan radiograf dari pemakaian film holder pada angulasi 20 o ke mesial dan distal. Purpose. Untuk mengetahui perbedaan hasil radiograf yang menggunakan modifikasi film holder angulasi 20 o ke mesial dan distal sebagai alat bantu pembuatan radiografi teknik SLOB untuk melihat jumlah saluran akar pada gigi premolar pertama permanen rahang atas. Method. Jenis penelitian yang dipakai adalah observasional analitik. Jumlah sample 24 orang yang akan difoto proyeksi periapikal teknik parallel dengan menggunakan modifikasi film holder teknik SLOB dengan angulasi 20 o ke mesial dan distal. Results. Ada perbedaan yang signifikan antara penggunaan modifikasi film holder angulasi 20 o ke mesial dan distal. Conclusion. Angulasi 20 o ke mesial dan distal dapat digunakan untuk melihat jumlah saluran akar gigi premolar pertama permanen rahang atas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 103 / 11 Nal m
Uncontrolled Keywords: FILM HOLDER; SLOB TECHNIQUE
Subjects: Q Science > QC Physics > QC871-874.8 Technique, Instructions for Observers
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
Mieke Sari Nalurisa, 020610148UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorOtty Ratna Wahyuni, drg., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 16 Feb 2011 12:00
Last Modified: 25 Oct 2016 23:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/19866
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item