EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PASTA GIGI DAUN SIRIH TERHADAP PEMBENTUKAN PLAK PADA PEMAKAI PERANTI ORTODONTI CEKAT (THE EFFECTIVITY OF BETEL LEAF TOOTHPASTE IN INHIBITING THE DENTAL PLAQUE FORMATION ON THE FIXED ORTHODONTIC PATIENTS)

RIZKA AMELIA MAYASARI, 020710171 (2010) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PASTA GIGI DAUN SIRIH TERHADAP PEMBENTUKAN PLAK PADA PEMAKAI PERANTI ORTODONTI CEKAT (THE EFFECTIVITY OF BETEL LEAF TOOTHPASTE IN INHIBITING THE DENTAL PLAQUE FORMATION ON THE FIXED ORTHODONTIC PATIENTS). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-mayasariri-14964-kg1331-k.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-mayasariri-12494-kg1331-e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang. Kurung, archwire, ligatures, dan ot peralatan ortodontik nya mempersulit penggunaan oral-hyg konvensional langkah-langkah Iene. Ini sering mengakibatkan plak signifikan akumulasi sekitar pangkalan braket. additi yang pada daun sirih ekstrak dalam pasta gigi adalah diharapkan untuk menghambat pertumbuhan plak gigi. Tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektifitas bete l pasta gigi daun dalam menghambat pembentukan plak pada fixed pasien ortodontik. Metode. Penelitian ini dilakukan untuk Mahasiswa gigi Airlangga Universitas adalah mereka dari usia 18-24 ya rs, telah weari ng tetap ortodontik peralatan selama 1-2 tahun, memiliki di tidak sistemik seases. Sampel dibagi menjadi dua kelompok, yang terdiri dari 20 sampel. Pertama, sampel disikat te mereka eth dengan daun sirih pasta gigi dan menggunakan plasebo kedua. sa mples kemudian diinstruksikan untuk menyikat mereka gigi menggunakan metode Scrub. SEBUAH etelah menerapkan mengungkapkan agen, plak mencetak menggunakan Orthodontic Plaque Index (OPI). scor yang e diambil 4 jam setelah menyikat. Itu analisis statistik dilakukan dengan menggunakan paired T. Hasil. Rata-rata akumulasi plak pada kelompok yang menggunakan bete l daun pasta gigi adalah 25,54 dan plasebo adalah 41,09. Hasil menunjukkan bahwa perbandingan antara bete tersebut l daun pasta gigi dan plasebo dalam 4 jam setelah menyikat berbeda nyata (p value = 0,000 < α = 0,05). Ini berarti bahwa ada signifikan perbedaan dalam plak setelah menyikat gigi antara daun sirih pasta gigi dan plasebo. Kesimpulan. daun sirih pasta gigi efektif dalam menghambat pembentukan plak gigi pada pasien ortodontik cekat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 133 / 11 May e
Uncontrolled Keywords: DENTAL PLAQUE; FIXED ORTHODONTIC
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK520-528 Orthodontics
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
RIZKA AMELIA MAYASARI, 020710171UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSianiwati Goenharto, drg.,MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 21 Feb 2011 12:00
Last Modified: 26 Oct 2016 01:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/19889
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item