FORMULASI PAKAN KHUSUS HAMSTER CAMPBELL RUSIA (Phodopus campbelli) FASE PERTUMBUHAN

YALA SHINTARA, 060213019 (2008) FORMULASI PAKAN KHUSUS HAMSTER CAMPBELL RUSIA (Phodopus campbelli) FASE PERTUMBUHAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-shintaraya-5774-kh6907.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hamster Campbell Rusia (Phodopus campbelli) dipilih karena kegemaran masyarakat pada hamster mini, konsumsi pakan yang relative sedikit, kandang pemeliharaan yang tidak terlalu besar serta harga yang relative murah dibandingkan dengan hamster mini lain. Hamster memiliki bentukan anatomi unik yaitu cheek pouches (kantung pipi). Kegunaan dari kantung pipi hamster dalam dunia kedokteran adalah percobaan mikrosirkulasi, imunologi tumor, transplantasi sel dan jaringan, demostrasi perbedaan antara sel malignan dan non malignan, mikroskopi in vivo, kemoterapi kanker, radioterapi kanker, dan karsinogenesis (Smith, et al, 1988). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kenaikan berat badan hamster dengan pemberian pakan komersial sebagai control (P0) dan pakan buatan dengan tiga kadar protein yang berbeda (18%, 21 %, 24 %) berturut-turut sebagai perlakuan (Pl, P2, P3) serta perbedaan jenis kelamin pada hamster juga berpengaruh terhadap kenaikan berat badan. Hasil akhir dari penelitian ini diharapkan dapat menekan harga jual pakan hamster dengan kualitas pakan dan kandungan nutrisi yang tepat bagi hamster mini. Hamster yang digunakan sebagai hewan coba adalah hamster yang berusia empat sampai enam minggu yang terdiri dari 16 ekor hamster jantan dan 16 ekor hamster betina dengan berat badan 15-25 gram. Penelitian diawali dengan pembuatan pellet dengan kadar protein yang berbeda (18 %, 21 %, dan 24 %) yang sebelumnya dilakukan analisis bahan baku pembuatan pellet. Pemberian pakan dilakukan dua kali dalam sehari sebanyak 0,75 gram tiap pemberian dan diselingi dengan pemberian millet dan biji bunga matahari untuk hamster yang diberi perlakuan pakan pellet. Penimbangan berat badan akhir dilakukan setelah 30 hari masa perlakuan. Penelitian ini dilakukan dengan empat ulangan tiap perlakuan. Hasil penimbangan berat badan akhir dan setelah dilakukan uji F, didapatkan perbedaan pemberian pakan dan perbedaan jenis kelamin tidak berpengaruh terhadap pertambahan berat badan hamster pada masa pertumbuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK-2 KH 69/07 Shi f
Uncontrolled Keywords: HAMSTERS - FEEDING AND FEEDS; HAMSTERS AS LABORATORY ANIMALS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > Including veterinary genetics, ethology, anatomy, physiology, embryology, pathology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
YALA SHINTARA, 060213019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKadek Rachmawati, M.Kes, drhUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 09 Jan 2008 12:00
Last Modified: 08 Aug 2016 04:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/20274
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item