KONFIRMASI DIAGNOSTIK MENOPOUSE BERDASARKAN EVALUASI SELULER VAGINA DAN KADAR HORMON ESTROGEN PADA MENCIT (Mus musculus)

WAHYU DESI ROSANTY, 060213067 (2007) KONFIRMASI DIAGNOSTIK MENOPOUSE BERDASARKAN EVALUASI SELULER VAGINA DAN KADAR HORMON ESTROGEN PADA MENCIT (Mus musculus). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-rosantywah-10732-abstrak-8.pdf

Download (315kB)
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-rosantywah-10362-kh136-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Menopouse atau anestrus adalah suatu kondisi dimana terjadi penurunan fungsi endokrin dari kelenjar hipofisa anterior dan ovarium pada hewan betina yang sudah tua maupun pada wanita usia lanjut yang secara alami terjadi. Penurunan fungsi- fungsi tersebut diatas disebabkan oleh tidak berfungsinya dengan baik poros hypothalamus, hipofisa dan ovarium, sehingga kadar estrogen dalam darah menurun tajam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah bentuk dan populasi sel epithel vagina dan kadar hormon estrogen dengan uji Radioimmunoassay (RIA) dapat dipakai mendiagnosis fase menopouse pada mencit. Penelitian ini menggunakan mencit sebagai hewan coba dalam keadaan sehat, berumur ± 10- 12 bulan, mempunyai berat badan ±32,0 gram, sudah dewasa kelamin, masih memiliki siklus birahi, tidak bunting dan belum pernah mendapatkan perlakuan apapun. Sejumlah 15 ekor dengan perlakuan yang sama yaitu dilakukan penyuntikan preparat hormon PMSG (Pregnant Mare Serum Gonadotropin) sebanyak 100 mikro untuk superovulasi dan disuntikkan pada saat mencit masuk fase diestrus. Prinsip dasar yang digunakan untuk menetapkan bentukan seluer vagina dan kadar hormon estrogen mencit menopouse sama dengan prinsip dasar pada wanita menopause yaitu terjadinya penurunan kadar hormon estrogen secara terus menerus. Hormon estrogen juga menjadi kunci penting untuk melakukan konfirmasi diagnostik secara evaluasi seluler vagina, karena estrogen manandukkan (mengkornifikasikan) sel- sel epithel vagina dengan inti berdegenerasi pada mencit pada saat fase estrus yang tampak pada preparat hapusan vagina dan merupakan indeks aksi terpecaya untuk aksi estrogen Mencit diambil cairan vaginanya untuk dibuat preparat hapusan vagina untuk dievaluasi bentukan selnya, setelah diadakan pengamatan dibawah mikroskop dengan perbesaran 400x, terdapat adanya bentukan spesifik dari terjadinya penurunan kadar estrogen, yaitu dengan tidak diketemukannya sel epithel yang mengalami kornifikasi, hanya didapatkan sel basal dengan sedikit sel parabasal tanpa leukosit. Pemeriksaan dilanjutkan dengan melakukan penghitungan kadar hormon dengan uji RIA dan hasilnya adalah terdapat perbedaan yang sangat bermakna antara kadar hormon estrogen fase menopouse dengan fase diestrus yaitu rata- rata 32,93 dengan SD 3,240 untuk fase diestrus dan rata- rata 9,87 dengan SD 4,658 untuk fase menopouse. Hal ini didapatkan karena terjadinya penurunan fungsi ovarium sehingga terjadi penurunan sekresi hormon estrogen. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa evaluasi seluler vagina dan pemeriksaan kadar hormon estrogen dapat digunakan untuk mendiagnosa menopouse pada mencit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 KH 136 / 09 Ros k
Uncontrolled Keywords: diagnostik menopouse; kadar hormon estrogen; mencit.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF405.5-407 Laboratory animals
S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > Including veterinary genetics, ethology, anatomy, physiology, embryology, pathology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
WAHYU DESI ROSANTY, 060213067UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNove Hidajati, M.Kes.,DrhUNSPECIFIED
Thesis advisorLaba Mahaputra, Prof.,Dr.,M.Sc.,DrhUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 23 Oct 2009 12:00
Last Modified: 26 Jul 2016 02:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/20331
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item