EFEKTIFITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK BUAH DAN DAUN MAJA (Crescentia cujete L.) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI Escherichia coli SECARA IN VITRO

ONISA INGGITA PUTRI, 060911278 (2013) EFEKTIFITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK BUAH DAN DAUN MAJA (Crescentia cujete L.) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI Escherichia coli SECARA IN VITRO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berkembangnya usaha di bidang peternakan, masalah juga semakin beragam. Salah satu yang umum terjadi pada hewan ternak adalah penyakit. Penyakit infeksius yang sering diabaikan oleh peternak yaitu Colibacillosis, sering menyebabkan sakit pada pedet berumur antara 2-10 hari. Colibacilus merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Escherichia coli yang merupakan flora normal pada saluran pencernaan, tetapi dalam keadaan tertentu dapat bersifat pathogen serta mampu menyerang hewan maupun manusia (Merchant and Packer,1971). Selama ini pengobatan terhadap serangan bakteri pada umumnya dilakukan dengan pemberian antibiotik, akan tetapi penggunaan antibiotik ternyata dapat menimbulkan efek samping bagi patogen itu sendiri maupun terhadap ternak yang dipelihara. Di sisi lain peternak sering mengeluh terhadap mahalnya obat-obatan terutama antibiotik, oleh karena itu perlu dicari sebuah alternatif yang dapat mengurangi beban peternak dalam pengobatan yang bahannya mudah dijumpai dan memiliki efek klinis yang tidak berbeda dengan antibiotik oleh sebab itu pemberian obat alternatif seperti tanaman obat sangat dianjurkan. Salah satu tanaman obat yang dapat digunakan adalah tanaman maja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak buah dan ekstrak daun maja terhadap pertumbuhan bakteri E.coli berdasarkan konsentrasi daya hambat dan bunuh dengan menggunakan metode dilusi, karena metode ini merupakan metode yang paling akurat untuk menentukan kepekaan antibakteri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH. 72/13 Put e
Uncontrolled Keywords: CRESCENTIA CUJETE L; ESCHERICHIA COLI
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF915-919.5 Veterinary pharmacology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
ONISA INGGITA PUTRI, 060911278UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuryanie Sarudji, ,drh.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 09 Oct 2013 12:00
Last Modified: 29 Jul 2016 04:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/20770
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item