PENGARUH TEKANAN ANGGARAN WAKTU DAN PENGALAMAN AUDITOR TERHADAP PERILAKU DISFUNGSIONAL AUDITOR DAN KUALITAS AUDIT (STUDI PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI SURABAYA)

Nungki Hertrianawati, 041142057 (2016) PENGARUH TEKANAN ANGGARAN WAKTU DAN PENGALAMAN AUDITOR TERHADAP PERILAKU DISFUNGSIONAL AUDITOR DAN KUALITAS AUDIT (STUDI PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI SURABAYA). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (504kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11. BAB 1 PENDAHULUAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
12. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
13. BAB 3 RERANGKA KONSEPTUAL .pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
14. BAB 4 METODE PENELITIAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
15. BAB 5 HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
16. BAB 6 SIMPULAN DAN SARAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17. DAFTAR PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
18. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Meningkatnya kompetisi antara Kantor Akuntan Publik akan menuju pada terjadinya perang harga, yang akan memberikan tekanan kepada auditor, khususnya ketika terkait dengan anggaran waktu. Tekanan tersebut apabila tidak ditanggapi secara profesional oleh auditor, akan memicu timbulnya perilaku disfungsional auditor, dengan tujuan untuk memenuhi anggaran waktu yang telah dijadwalkan sebelumnya. Banyak penelitian menyetujui bahwa perilaku disfungsional tersebut akan berdampak pada kualitas audit, yang merupakan poin penting dalam praktek pengauditan. Penelitian ini juga akan melihat dan menguji bagaimana dampak pengalaman auditor terhadap perilaku disfungsional dan kualitas audit yang dihasilkan. Penelitian ini mempunyai beberapa tujuan. Pertama, untuk mengetahui bukti empiris dampak dari tekanan anggaran waktu, serta pengalaman auditor, pada perilaku disfungsional dan kualitas audit, dan Kedua, untuk mengetahui bukti empiris mengenai dampak pengalaman auditor pada kualitas audit yang dihasilkannya. Perilaku disfungsional yang dibahas dalam penelitian ini adalah premature sign-off dan underreporting of time. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para auditor dari 45 KAP di Surabaya sesuai dengan data IAPI. 225 kuesioner disebar, dan 66 kuesioner yang kembali. Kuesioner tersebut kemudian dianalisis menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian yang didapat adalah 4 hipotesis diterima, dan 4 hipotesis lainnya ditolak. Keempat hipotesis yang diterima tersebut adalah: 1) Tekanan Anggaran Waktu berpengaruh positif terhadap perilaku Underreporting of Time, 2) Perilaku Premature Sign-Off berpengaruh negatif terhadap Kualitas Audit, 3) Pengalaman Auditor berpengaruh negatif terhadap perilaku Premature Sign-Off, 4) Pengalaman Auditor berpengaruh positif terhadap Kualitas Audit. Hipotesis yang ditolak adalah: 1) Tekanan Anggaran Waktu tidak berpengaruh terhadap Premature Sign-Off, 2) Underreporting of Time tidak berpengaruh pada kualitas audit, 3) Tekanan Anggaran Waktu tidak berpengaruh pada kualitas audit, bahkan dalam penelitian ini ditemukan bahwa dampak tekanan anggaran waktu terhadap kualitas audit adalah dengan melewati premature sign-off terlebih dahulu, dan 4) Pengalaman auditor tidak berpengaruh terhadap underreporting of time.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA.03/16 Her p
Uncontrolled Keywords: tekanan anggaran waktu, premature sign-off, underreporting of time, pengalaman audit, kualitas audit, auditor, dan kantor akuntan publik.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HB Economic Theory > HB172.5 - Macroeconomics
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
Nungki Hertrianawati, 041142057UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDrs. H. Basuki, M.Com (HONS)., Ph.D., Ak., CMA., CA.,, Drs. H. M.Com (HONS)., Ph.D., Ak., CMA., CA.,UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 04 Apr 2016 05:16
Last Modified: 04 Apr 2016 05:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/20820
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item