CHARISMA W. K. WULAN, 030710130 (2012) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN PT. TIKI JNE ATAS KEHILANGAN BARANG SELAMA PENGIRIMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-wulanchari-21791-10.bab-v.pdf Download (478kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
1.pdf Restricted to Registered users only Download (844kB) | Request a copy |
Abstract
PT. TIKI JNE merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman barang. Dalam bisnis jasa pengiriman barang masalah-masalah yang sering muncul adalah adanya kerusakan, keterlambatan, dan kehilangan barang. Peraturan yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, yaitu pada pasal 7 ayat (7) mengatur tentang pemberian kompensasi dan ganti rugi. Tanggung jawab ganti kerugian juga diatur dalam pasal 19 ayat (1) Undang-Undang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2009 tentang Pos, yaitu pada pasal 28 dan31. Dalam SSP PT. TIKI JNE pun sudah diatur mengenai tanggung jawab pelaku usaha untuk mengganti kerugian atas kehilangan barang kiriman. Adanya kerugian akibat kehilangan barang kiriman menjadi tanggung gugat pelaku usaha (PT. TIKI JNE) untuk membayar ganti rugi sesuai dengan peraturan dan kesepakatan yang berlaku. Gugatan yang dapat diajukan konsumen berdasarkan wanprestasi yaitu melanggar pasal 1234 BW. Selain itu juga dapat menggugat atas dasar perbuatan melawan hukum sesuai dengan pasal 1365 BW.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FH 171/12 Wul p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | PERLINDUNGAN HUKUM | ||||||
Subjects: | K Law | ||||||
Divisions: | 03. Fakultas Hukum | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 18 Dec 2012 12:00 | ||||||
Last Modified: | 14 Sep 2016 00:49 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/20981 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |