DETEKSI ANTIBODI AVIAN INFLUENZA H5N1 PADA KUCING JALANAN (Felis silvestris catus) DI WILAYAH KOTA BANDUNG

Mubin, Ali, NIM. 060433255 (2008) DETEKSI ANTIBODI AVIAN INFLUENZA H5N1 PADA KUCING JALANAN (Felis silvestris catus) DI WILAYAH KOTA BANDUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-mubinali-5728-kh4707-k.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-mubinali-5728-kh4707.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ali Mubin. Deteksi Antibodi Avian Influenza H5N1 pada Kucing jalanan (Fells silvestris catus) dengan Uji Serologis Hemaglutinin Inhibisi (HI) di Wilayah Kota Bandung. Di bawah bimbingan Bapak Dr. Garry Cores de Vries, MSc., MS., Drh. sebagai pembimbing pertama dan Bapak R. Budi Utomo, MSi., Drh. sebagai pembimbing kedua. Avian Influenza merupakan penyakit viral yang menginfeksi berbagai macam unggas dan juga mamalia (macan, kucing dan leopard). Penyakit ini merupakan penyakit infeksi yang menyerang saluran pernafasan, pencernaan dan sistem saraf. Virus AI merupakan virus RNA golongan Ortomyxoviridae mempunyai envelope yang memiliki aktivitas Hemaglutinin (H) dan Neuraminidase (N), antigen H menyebabkan virus influenza tipe A dapat mengaglutinasi eritrosit, sedangkan N melepaskan ikatan antara H dengan permukaan eritrosit sehingga ikatan antara virus dengan eritrosit bersifat sementara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya antibodi terhadap Avian Influenza H5N1 pada kucing jalanan di Wilayah Kota Bandung. Penentuan lokasi pengambilan sampel didasarkan pada wilayah yang mempunyai risiko tinggi terhadap virus Avian Influenza H5N1. Pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling, hal ini karena kucing yang digunakan pada penelitian ini merupakan hasil tangkapan langsung yang dilakukan oleh peneliti. Jumlah sampel yang diperiksa adalah 28 ekor kucing yang diambil serum darahnya, dan kemudian dilakukan uji serologis HI mikroteknik. Sampel yang digunakan untuk uji Hambatan Hemaglutinasi (HI) diisolasi dari serum kucing jalanan (Fells silvestris caws) yang telah ditambahkan dengan RDE (Receptor Destroying Enzyme). Hasil penelitian pada deteksi antibodi terhadap Avian Influenza H5N1 melalui pemeriksaan serum darah kucing dari beberapa Wilayah di kota Bandung (Rumah Sakit Hasan Sadikin, pasar Ciroyom, kebun binatang, pemukiman penduduk di kelurahan Cicadas dan kecamatan Padasuka) menunjukkan bahwa dari 28 sampel yang digunakan, terdapat 7 sampel (HS4, HS() dari Rumah Sakit Hasan Sadikin, CIR 10 dari Pasar Ciroyom, ZB1 dari kebun binatang dan CCD3, CCD10, CCD15 dari Kelurahan Cicadas) yang mempunyai antibodi terhadap avian influenza H5N 1 (sero positif). Dari hasil tersebut, dapat diketahui bahwa persentase kejadian adanya antibodi terhadap avian influenza H5N1 di wilayah kota Bandung dari 28 sampel adalah sebesar 25 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 47/07 Mub d
Uncontrolled Keywords: AVIAN INFLUENZA; CATS - INFECTION
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF951-997.5 Diseases of special classes of animals
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
Mubin, Ali, NIM. 060433255UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorVries, Garry Cores de, Dr., M.Sc.,drh.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 07 Jan 2008 12:00
Last Modified: 29 Aug 2016 10:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21153
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item