IDENTIFIKASI NEMATODA GASTROINTESTINAL PADA BANTENG (Bos javanicus d’ Alton) DI TAMAN NASIONAL ALAS PURWO KABUPATEN BANYUWANGI MELALUI PEMERIKSAAN FESES

LILIK SUGIARTI, 060333203 (2006) IDENTIFIKASI NEMATODA GASTROINTESTINAL PADA BANTENG (Bos javanicus d’ Alton) DI TAMAN NASIONAL ALAS PURWO KABUPATEN BANYUWANGI MELALUI PEMERIKSAAN FESES. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-sugiartili-4969-kh2007-t.pdf

Download (313kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian Identifikasi Nematoda Gastrointestinal Pada Banteng (Bos javanicus d'Alton) di Taman Nasional Alas Purwo Kabupaten Banyuwangi Melalui Pemeriksaan Feses. Di bawah bimbingan bapak Chairul Anwar, M.S., Drh dan Prof. Dr. H. Setiawan Koesdarto, M.Sc., Drh. Banteng (Bos javanicus d'Alton) merupakan satwa liar yang sangat menarik dan merupakan satwa liar asli Indonesia yang di jadikan salah satu mascot kebanggaan di Taman Nasional Alas Purwo. Hewan liar ini tergolong satwa langka yang di lindungi oleh Undang-Undang Perlindungan tentang Satwa Langka di Indonesia. Sampai Awal tahun 2006 ini jumlah populasi (Bos javanicus d'Alton) Banteng di Taman nasional Alas Purwo berkisar antara 20 sampai 50 ekor dimana populasi tersebut mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis cacing nematoda yang menginfeksi saluran pencernaan Banteng (Bos javanicus d'Alton) dan derajat infeksi cacing nematoda yang menyerang Banteng (Bos javanicus d'Alton) di Taman Nasional Alas Purwo, sehingga dari penelitian tersebut di harapkan dapat di jadikan salah satu informasi yang penting mengenai penyakit yang menyerang satwa liar di Indonesia khususnya di Taman Nasional Alas Purwo dan dapat di jadikan salah satu informasi untuk pengendalian penyakit parasit yang menyerang Banteng (Bos javanicus d'Alton). Sampel feses yang di periksa sebanyak 28 sampel dan di lakukan pemeriksaan cara langsung sederhana dengan metode natif dan pemeriksaan cara tidak langsung dengan metode apung cara fulleborn dan pemeriksaan larva infektif dengan metode Baermann dan di lakukan penghitungan jumlah telur cacing pergram tinja (TCPGT) dengan metode Lucient Brumpt. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis cacing nematoda yang menginfeksi saluran pencernaan Banteng (Bos javanicus d'Alton) di Taman Nasional Alas Purwo terdiri dari tujuh spesies yaitu: Haemonchus sp, Oesophagustomum sp, Toxocara vitulorum, Trichostrongylus sp, Cooperia sp, Bunostomum sp, dan Strongyloides sp. Dengan rata-rata TCPGT 2225 ± 635,1572 dimana derajat infeksi Banteng (Bos javanicus d'Alton) di Taman Nasional Alas Purwo tergolong berat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH.20/07 Sug i
Uncontrolled Keywords: Identification, nematoda, gastrointestinal, Bos javanicus d' Alton
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
R Medicine > RC Internal medicine > RC109-216 Infectious and parasitic diseases
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
LILIK SUGIARTI, 060333203UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorChairul Anwar, M.S., DrhUNSPECIFIED
Thesis advisorSetiawan Koesdarto, Prof., Dr., H., M.Sc., DrhUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 19 Jun 2007 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 02:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21327
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item