PREVALENSI PENYAKIT CACING SALURAN PENCERNAAN PADA SAPI POTONG PERANAKAN ONGOLE (PO) DAN SAPI BRAHMAN DI KECAMATAN SUGIO KABUPATEN LAMONGAN

Faris Amsyari Khozin, 060810431 (2012) PREVALENSI PENYAKIT CACING SALURAN PENCERNAAN PADA SAPI POTONG PERANAKAN ONGOLE (PO) DAN SAPI BRAHMAN DI KECAMATAN SUGIO KABUPATEN LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-khozinfari-22136-6.abstr-t.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian Prevalensi Penyakit Cacing Saluran Pencernaan Pada Sapi Potong Peranakan Ongole (PO) Dan Sapi Brahman Di Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan. Dibawah bimbingan Sri Mumpuni S., drh., M.Kes. sebagai pembimbing utama dan Husni Anwar., drh. sebagai pembimbing peserta. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui jenis cacing yang menginfeksi saluran pencernaan, pengaruh faktor ras, umur terhadap infeksi cacing saluran pencernaan, dan prevalensi infeksi cacing saluran pencernaan melalui pemeriksaan feses, serta pada sapi yang dipelihara di Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 25 April - 8 Mei 2012 dengan dilakukan pengambilan sebanyak 100 sampel feses sapi di Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan. Sampel feses diperiksa dengan metode sederhana (natif), metode sedimentasi sederhana (simple sedimentation method) dan metode pengapungan Fulleborn yang dimodifikasi. Dari keseluruhan spesimen feses sapi yang positif akan dihitung angka prevalensinya, sedangkan untuk mengetahui adanya pengaruh faktor umur (berumur 1 – 6 bulan, umur 7 – 24 bulan dan umur > 24 bulan) dan ras (PO dan Brahman) terhadap infeksi cacing saluran pencernaan pada sapi di Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan menggunakan analisis statistik Chi-Square. Hasil penelitian ditemukan tujuh jenis cacing yang semuanya berasal dari kelas Nematoda yaitu Oesophagostomum sp., Bunostomum sp., Trichostrongylus sp., M. digitatus, Cooperia sp. ,T. vitulorum dan Trichuris sp. Faktor ras tidak berpengaruh terhadap infeksi cacing saluran pencernaan pada sapi jenis PO dan Jenis Brahman di Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan, artinya sapi jenis PO dan Jenis Brahman mempunyai kesempatan sama untuk terinfeksi cacing saluran pencernaan. Dan faktor umur di Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan ada perbedaan. Prevalensi infeksi cacing saluran pencernaan melalui pemeriksaan feses pada sapi di Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan sebesar 43%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 149 / 12 Kho p
Uncontrolled Keywords: VETERINARY PARASITOLOGY; GASTROINTESTINAL DISEASE
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF810 Veterinary parasitology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
Faris Amsyari Khozin, 060810431UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHj. Sri Mumpuni Sosiawati, drh., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 04 Jan 2013 12:00
Last Modified: 19 Sep 2016 03:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21553
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item