PENGARUH PEMBERIAN INFUSA MENIRAN (Phyllanthus niruri,. Linn) TERHADAP DIAMETER DAN JUMLAH LIMFOSIT PULPA PUTIH LIMPA AYAM PEDAGING YANG DIINFEKSI Eimeria tenella

Margaretta Klara Melischa Narmis Alfasari, 060710257 (2012) PENGARUH PEMBERIAN INFUSA MENIRAN (Phyllanthus niruri,. Linn) TERHADAP DIAMETER DAN JUMLAH LIMFOSIT PULPA PUTIH LIMPA AYAM PEDAGING YANG DIINFEKSI Eimeria tenella. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian Pengaruh Pemberian Infusa Meniran (Phyllanthus niruri,. Linn) Terhadap Diameter Dan Jumlah Limfosit Pulpa Putih Limpa Ayam Pedaging Yang Diinfeksi Eimeria tenella dibawah bimbingan Muchammad Yunus, Ph.D., M.Kes., drh. selaku pembimbing penelitian, Gracia Angelia Hendarti, M.Si., drh selaku pembimbing utama, dan Dr. Hani Plumeriastuti, M.Kes., drh selaku pembimbing serta. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian Program Kreativitas Mahasiswa-Penelitian (PKM-P) yang berjudul Potensi Meniran (Phyllanthus niruri L) dalam mereduksi kerusakan mukosa sekum pada ayam yang terinfeksi Eimeria tenella yang dilaksanakan pada bulan Maret – Mei 2011. Hewan percobaan yang menjadi obyek penelitian adalah ayam broiler. Ayam broiler disebut juga ayam ras pedaging, yang merupakan jenis ras unggulan hasil persilangan dari bangsa-bangsa ayam yang memiliki daya produktivitas tinggi, terutama dalam memproduksi daging ayam dalam waktu relatif singkat (5-7 minggu) (BAPPENAS, 2000). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian meniran (Phyllanthus niruri,. Linn) sebagai imunomodulator pada ayam pedaging yang diinfeksi Eimeria tenalla berdasarkan perubahan diameter dan jumlah limfosit pulpa putih limpa. Penelitian ini menggunakan 4 perlakuan dengan 7 ulangan. Pengambilan sampel dilakukan pada hari ke tiga pasca diinfeksi, kemudian hasil yang diperoleh untuk jumlah sel limfosit dan diameter pulpa putih dalam penelitian ini dianalisis dengan uji F dalam ANOVA, apabila terdapat perubahan yang nyata (p < 0,05) maka diuji lanjut dengan dengan uji Beda Nyata Jujur untuk mengetahui adanya perbedaan diantara perlakuan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : 1. Pemberian meniran (Phyllanthus niruri,. Linn) terbukti dapat meningkatkan diameter pulpa putih limpa ayam pedaging yang diinfeksi Eimeria tenella. 2. Pemberian meniran (Phyllanthus niruri,. Linn) terbukti dapat meningkatkan jumlah limfosit pulpa putih limpa ayam pedaging yang diinfeksi Eimeria tenella.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 164 / 12 Alf p
Uncontrolled Keywords: EIMERIA TENELLA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
Margaretta Klara Melischa Narmis Alfasari, 060710257UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGracia Angelina Hendarti, M.Si., drh.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 14 Jan 2013 12:00
Last Modified: 19 Sep 2016 07:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21559
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item