FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PREVALENSI PERANAKAN LIMOUSIN DI KECAMATAN RENGEL KABUPATEN TUBAN DAN DERAJAT INFEKSI CACING SALURAN PENCERNAAN PADA SAPI

Itsna Syahra Syauqiyyah, 061011174 (2014) FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PREVALENSI PERANAKAN LIMOUSIN DI KECAMATAN RENGEL KABUPATEN TUBAN DAN DERAJAT INFEKSI CACING SALURAN PENCERNAAN PADA SAPI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-syauqiyyah-35599-6.abstr-t.pdf

Download (712kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2015-syauqiyyah-35599-1.FULTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masalah yang masih dianggap penting dan diakui sebagai kendala utama dalam usaha produksi ternak sapi potong di daerah tropis dan di daerah lain adalah penyakit cacing saluran pencernaan. Infeksi cacing mempengaruhi kesehatan hewan yang dapat menyebabkan kerugian ekonomi bagi industri peternakan. Kerugian yang dapat ditimbulkan dari penyakit cacing antara lain penurunan produktivitas ternak, penurunan berat badan 6-12 kg per tahun, penurunan kualitas daging, kulit dan organ bagian dalam, terhambatnya pertumbuhan pada hewan muda dan bahaya penularan pada manusia atau zoonosis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi dan derajat infeksi, mengetahui jenis cacing yang menginfeksi, mengetahui perbedaan jenis kelamin, umur, keadaan geografis dan pemberian obat cacing terhadap infeksi kecacingan saluran pencernaaan pada Sapi Peranakan Limousin di Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari-April 2014. Sampel feses diambil sebanyak 120 sampel, yaitu 53 sampel di daerah kapur (Desa Pekuwon) yang terdiri dari 6 RW dan 67 sampel di daerah sekitar Bengawan Solo (Desa Karangtinoto) yang terdiri dari 4 RW. Sampel feses diperiksa dengan menggunkan metode natif, sedimentasi dan pengapungan. Selanjutnya, dilakukan identifikasi terhadap jenis telur cacing dan perhitungan jumlah Telur Cacing Per Gram Tinja (TCPGT) metode Mc Master pada sampel yang positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. KH. 202-14 Sya f
Uncontrolled Keywords: LIMOUSIN; HELMINTHIASIS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
Itsna Syahra Syauqiyyah, 061011174UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLucia Tri Suwanti, Dr., drh., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 09 Feb 2015 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 08:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21615
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item