PENGARUH PENAMBAHAN PROBIOTIK PADA PAKAN BUATAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN RASIO K0NVERSI PAKAN IKAN NILA GIFT (Oreochromis niloticus)

MUFIDAH (2009) PENGARUH PENAMBAHAN PROBIOTIK PADA PAKAN BUATAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN RASIO K0NVERSI PAKAN IKAN NILA GIFT (Oreochromis niloticus). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-mufidah-9828-khbp08-k.pdf

Download (388kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan nila gift merupakan salah satu komoditas perikanan air tawar yang cukup banyak dikenal oleh masyarakat. Ketersediaan benih menjadi kendala dalam budidaya sehingga diperlukan usaha untuk mengatasinya. Penambahan probiotik merupakan salah satu usaha yang dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan sehingga waktu pemelihaman lebih pendek. Pendeknya waktu pemeliharaan mengakibatkan proses regenerasi lebih cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan probiotik dengan dosis yang berbeda pads pakan buatan terhadap pertumbuhan (laju pertumbuhan dan laju pertumbuhan spesifik) dan msio konversi pakan ikan nila gift. Benih ikan nila gift dengan berat 4,16 – 4,35 gram sebanyak 200 ekor dipelihara selama 5 minggu. Dosis pemberian pakan sebesar 6 % dari total biomassa. Penelitian menggunakan Rancangan Acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan yang masing-masing ditambahkan dosis probiotik 0 %, 2 %, 4 % dan 6 %. Analisis data menggunakan Analysis of Variance (Anova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan probiotik yang digunakan pada pakan buatan tidak memberikan perbedaan nyata (p>0,05) terhadap pertumbuhan (laju pertumbuhan dan laju pertumbuhan spesifik) dan rasio konversi pakan ikan nila gift (Oreochromis niloticus).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH BP 08/08 Muf p (TIDAK ADA FULL TEXT)
Uncontrolled Keywords: Pakan Ikan buatan
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
T Technology > TS Manufactures > TS2284-2288 Animal feeds and feed mills. Pet food industry
T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
MUFIDAHUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuhammad AriefUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 04 May 2009 12:00
Last Modified: 30 Sep 2016 04:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21670
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item