RESTU BAGUS WICAKSONO, 040418713 (2009) PENGARUH PERSEPSI ATAS ON-PACK SAMPLING PRODUK RINSO DAN EMOTIONAL STATE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIDAK TERENCANA KONSUMEN DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
SKRIPSI RESTU - gdlhub-gdl-s1-2009-wicaksonor-10195-b5609.pdf Download (286kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-wicaksonor-10195-b5609.pdf Restricted to Registered users only Download (731kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui mengetahui pengaruh penggunaan on-pack sampling pada produk Rinso dan emotional state terhadap keputusan pembelian tidak terencana konsumen di Surabaya. Dasar teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Shimp (2003 : 497), on-pack sampling adalah sebuah metode sampling dengan menggunakan kemasan produk lain sebagai pembawa sampel produk (sample carrier). Sebagai salah satu jenis strategi sampling product, penerapan on-pack sampling bertujuan untuk mengenalkan sebuah produk baru kepada konsumen. Sebaliknya, bagi produk pembawa sampel (sample carrier) penerapan strategi tersebut dapat mempengaruhi konsumen untuk menggunakan produk mereka. Nantinya, konsumen diharapkan akan mendapatkan experience produk sampling tersebut tanpa harus membelinya secara langsung, namun melalui produk lain (carrier). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik, yang diolah melalui program SPSS for windows Release 15. Model regresi logistik dalam penelitian ini adalah : Ln = -18,625 + 2,099 (X1) + 4,557 (X2) Berdasarkan analisis yang dilakukan, diketahui bahwa antara variabel on-pack sampling (X1) dengan keputusan pembelian tidak terencana (Y) menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,002 lebih kecil dari tingkat signifikan 5% (0,05), sehingga disimpulkan bahwa on-pack sampling berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian tidak terencana. Dengan demikian hipotesis kedua penelitian ini yang menduga bahwa on-pack sampling produk Rinso berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian tidak terencana konsumen di Surabaya, terbukti kebenarannya. Wald Test antara variabel emotional state (X2) dengan keputusan pembelian tidak terencana (Y) menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari tingkat signifikan 5% (0,05), sehingga disimpulkan bahwa emotional state berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian tidak terencana. Dengan demikian hipotesis ketiga penelitian ini yang menduga bahwa emotional state konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian tidak terencana konsumen di Surabaya, terbukti kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 56/09 Wic p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | CONSUMER BEHAVIOR; MARKETING MANAGEMENT | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Luluk Lusiana | ||||||
Date Deposited: | 14 Sep 2009 12:00 | ||||||
Last Modified: | 19 Sep 2016 08:13 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2183 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |