DETEKSI ANTIBODI AVIAN INFLUENZA PADA BURUNG AIR LIAR (Egretta garzetta dan Nycticorax nycticorax) DI MUARA BENGAWAN SOLO DESA TAJUNG-GRESIK

Jossie Intan Cahyani, 060112938 (2006) DETEKSI ANTIBODI AVIAN INFLUENZA PADA BURUNG AIR LIAR (Egretta garzetta dan Nycticorax nycticorax) DI MUARA BENGAWAN SOLO DESA TAJUNG-GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-cahyanijos-1982-fkh96_0-k.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-cahyanijos-1982-kh96_06.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya antibodi terhadap virus Avian Influenza pada burung air liar yaitu Kuntul kecil (Egretta garzetta) dan Koak malam (Nycticorax nycticorax) di Desa Tajung Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian observasional. Sampel darah burung air liar yang didapatkan berjumlah 47 sampel, terdiri 27 sampel dari Kuntul kecil (Egretta garzetta) dan 20 sampel dari Koak malam (Nycticorax nycticorax). Seluruh sampel diambil senmmya kemudian diperiksa dengan menggunakan uji serologis HI mikroteknik. Uji HI dinyatakan positif jika terjadi hambatan aglutinasi yang ditandai dengim adanya pengendapan eritrosit pads dasar lubang mikoroplat. Data yang diperoleh dari uji serologis HI mikroteknik dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Kuntul kecil (Egretta garzetta) dan Koak malam (Nycticorax nycticorax) di desa Tajung positif terdeteksi antibodi virus Avian influenza dengan masing-masing sampel positif sebesar 7,4 persen untuk Kuntul kecil (Egretta garzetta) dan 15 persen untuk Koak malam (Nycticorax nycticorax). Adanya antibodi virus Avian Influenza pads sampel darah dari Kuntul kecil (Egretta garzetta) dan Koak malam (Nycticorax nycticorax) di Desa Tajung Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik dapat diartdcan bahwa burung air liar tersebut carrier terhadap virus Avian influenza dan dapat menjadi reservoir virus Avian Influenza.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH. 96/06 Cah d
Uncontrolled Keywords: AVIAN INFLUENZA; LITTLE EGRET
Subjects: R Medicine > RB Pathology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
Jossie Intan Cahyani, 060112938UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorE. Djoko Putranto, M.S.,DrhUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 12 Sep 2006 12:00
Last Modified: 06 Aug 2016 12:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21835
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item