PENERAPAN UM CHI SQUARE MANTEL HAENSZEL UNTUK MENGETAHUI PENGARUH VARIABEL CONFOUNDING (Studi Pada Hubungan IDU dengan Inlaid HIV/AIDS di Yayasan Kerthi Praja Denpasar Bali Seisms Tabun 2004-2005)

I KETUT ANOM SUDIARTA, 100431338 (2006) PENERAPAN UM CHI SQUARE MANTEL HAENSZEL UNTUK MENGETAHUI PENGARUH VARIABEL CONFOUNDING (Studi Pada Hubungan IDU dengan Inlaid HIV/AIDS di Yayasan Kerthi Praja Denpasar Bali Seisms Tabun 2004-2005). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-sudiartaik-2322-fkm340-k.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-sudiartaik-2322-fkm3406.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam penelitian hubungan faktor penelitian dan penyakit, nilai p yang sekecil-kecilnya belum mengidentifikasikan ada tidaknya bias maupun kerancuan sebagai penyebab alternatif penyakit, sehingga perlu dilakukan pengendalian terhadap variabel pengganggu dengan uji Chi - square Mantel Haenszel. Penelitian ini merupakan penerapan uji Chi-square Mantel Haenszel yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel pengganggu pada hubungan antara IDU dengan infeksi HIV/AIDS, di mana variabel terikatnya adalah status infeksi HIV/AIDS dan variabel bebasnya adalah status IDU. Variabel pengganggu dalam hubungan IDU dengan infeksi HIV/AIDS adalah status pekerjaan, status pendidikan, status orientasi seks, umur dan status tempat tinggal. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan rancangan kasus kontrol pada data sekunder, sebagai alat untuk menjawab analisis yang dilakukan menggunakan bantuan program komputer. Pada pengujian kemaknaan untuk mengetahui hubungan antara IDU dengan Infeksi HIV/AIDS menggunakan uji Chi-square mampu menolak hipotesis nol pada tingkat kemaknaan 0,001 (p < 0,05 ) yang berarti ada hubungan antara IDU dengan infeksi HIV/AIDS. Pada analisis untuk mengetahui pengaruh variabel pengganggu pada hubungan IDU dengan infeksi HIV/AIDS menggunakan uji Chi-square Mantel Haeszel diketahui bahwa variabel status pekerjaan dan status tempat tinggal merupakan variabel pengganggu, di mana kriteria variabel pengganggu jika besar perbedaan antara Crude OR dan ORMH >10-15%. Pengujian statistik untuk mengendalikan pengaruh variabel pengganggu perlu dilakukan pada setiap penelitian untuk menghindari bias.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.34/06 Sud p
Uncontrolled Keywords: Chi-square Mantel Haenszel; Confounding variable; IDU; HIV/AIDS
Subjects: R Medicine > RB Pathology
R Medicine > RC Internal medicine > RC109-216 Infectious and parasitic diseases
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Biostatistika dan Kependudukan
Creators:
CreatorsNIM
I KETUT ANOM SUDIARTA, 100431338UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHari Basuki Notobroto, Dr., dr., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 29 Sep 2006 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 06:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21891
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item