HUBUNGAN ANTARA KADAR FLUOR AIR SUMUR DENGAN DENTAL FLUOROSIS PADA ANAK SEKOLAH ( Studi Kasus di SD No. 6 Songan Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli )

I DEWA GEDE RAKA SUTRESNA, 100431562 (2006) HUBUNGAN ANTARA KADAR FLUOR AIR SUMUR DENGAN DENTAL FLUOROSIS PADA ANAK SEKOLAH ( Studi Kasus di SD No. 6 Songan Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
I Dewa Gede.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-sutresnaid-2515-fkm121-6.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan hasil survei ternyata di wilayah kerja Puskesmas Kintamani V kasus fluorosis (dental fluorosis) di SD No. 6 Songan pada tahun 2005 persentase cukup tinggi (f 50 %). Hal ini menguatkan dan memberikan keyakinan kepada kami bahwa memang benar ada kasus. Dan mengingat dampak dan pengaruhnya terhadap estetika dan kesehatan maka kami sangat tertarik untuk melaksanakan penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kadar fluor air sumur/sumber air minum dengan dental fluorosis pada anak sekolah di SD No. 6 Songan Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli. Penelitian ini termasuk penelitian observasional dengan menggunakan desain Cross Sectional. Besarnya sampel dalam penelitian ini adalah 130 responden yang terdiri dari kelas IV, V dan kelas VI. Pengumpulan data primer dengan wawancara langsung menggunakan kuesioner, pemeriksaan gigi bersama dokter gigi dan staf dan data sekunder diperoleh dari instansi terkait. Analisis data dengan uji Chi Square. Hasil penelitian menyimpulkan ada hubungan yang bermakna antara kadar fluor sumber air yang dikonsumsi dengan dental fluorosis dan derajat keparahannya (p < 0,05 ), Banyaknya konsumsi air minum dengan dental fluorosis dan keparahannya (p < 0,05 ). Sedangkan variabel yang tidak ada hubungan yang bermakna adalah umur dan jenis kelamin dengan dental fluorosis ( p > 0,05). Data-data dapat digunakan oleh pemegang perencanaan air bersih dalam merencanakan program kesehatan khususnya dalam pengolahan jenis air / sumber air yang dikonsumsi oleh masyarakat. Dan dapat digunakan oleh pemegang program pelayanan kesehatan gigi puskesmas di wilayah tersebut untuk meningkatkan pelayanan kesehatan gigi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.121/06 Sut h
Uncontrolled Keywords: Student, rate of fluor water, consumption, Fluorosis Dental
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN799.5-948 Nonmetallic minerals
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
I DEWA GEDE RAKA SUTRESNA, 100431562UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorR Soedibjo HP, Prof., Dr., H., dr., D.TMUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 10 Oct 2006 12:00
Last Modified: 06 Jul 2017 17:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21907
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item