EVALUASI HIGIENE SANITASI TEMPAT PENGOLAHAN DAN KUALITAS BAKTERIOLOGIS (ESCHERICHIA COLI ) JAMU KUNYIT ASAM INDUSTRI RUMAH TANGGA JAMU GENDONG (Studi di RT 04 RW 03 Kelurahan Kebomas, Kecamatan Kebomas, Gresik)

LIA CHURNIAWATI, 100610205 (2010) EVALUASI HIGIENE SANITASI TEMPAT PENGOLAHAN DAN KUALITAS BAKTERIOLOGIS (ESCHERICHIA COLI ) JAMU KUNYIT ASAM INDUSTRI RUMAH TANGGA JAMU GENDONG (Studi di RT 04 RW 03 Kelurahan Kebomas, Kecamatan Kebomas, Gresik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-churniawat-15159-kkckkf-k.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-churniawat-12627-kkckkf-e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Jamu merupakan minuman tradisional asli Indonesia yang banyak diminati oleh masyarakat sebagai upaya preventif dan kuratif. Pembuatan jamu secara tradisonal dengan penggunaan peralatan sederhana memungkinkan kontaminasi oleh mikroba. Jamu kunyit asam produksi industri rumah tangga merupakan salah satu jenis jamu yang banyak diproduksi produsen dan cukup diminati oleh masyarakat karena disamping manfaatnya bagi tubuh, harga yang ditawarkan relatif terjangkau. Sayangnya, belum pernah dilakukan pengawasan oleh Dinas Kesehatan setempat sehingga perlu dilakukan evaluasi terhadap higiene sanitasi tempat pengolahan berdasarkan Kepmenkes RI No. 715/Menkes/SK/V/2003. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kondisi higiene sanitasi tempat pengolahan dan kualitas bakteriologis (E. Coli) jamu kunyit asam. Penelitian ini bersifat evaluatif dengan sampel 17 produsen jamu dengan metode purposive sampling dan pengambilan sampel jamu kunyit asam dengan 3 kali pengulangan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai dengan bulan Juli tahun 2010 dengan instrumen berupa kuisioner, lembar observasi dan pemeriksaan E. Coli berdasarkan Kepmenkes RI No. 715/Menkes/SK/V/2003. Hasil penelitian adalah higiene sanitasi tempat pengolahan jamu termasuk dalam kategori baik sebesar 71%. Higiene sanitasi tempat pengolahan dengan kategori baik berasal dari variabel higiene penjamah (65%) dan sanitasi sarana peralatan (65%) sedangkan sanitasi tempat pengolahan (53%) termasuk dalam kategori sedang, dengan kualitas bakteriologis Escherichia coli (E. Coli) seluruh produk jamu kunyit asam termasuk ke dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 65/10 Chu e
Uncontrolled Keywords: ESCHERICHIA COLI AND HERBALS
Subjects: R Medicine > RV Botanic, Thomsonian, and eclectic medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
LIA CHURNIAWATI, 100610205UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoedjajadi Keman, Prof., dr., M.S., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 24 Feb 2011 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 08:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21956
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item