ANALISIS PENGARUH PAY EQUITY SISTEM REMUNERASI TERHADAP ORGANIZATIONAL COMMITMENT KARYAWAN (Studi di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Jombang)

NUZULUL KUSUMA PUTRI, 100610127 (2010) ANALISIS PENGARUH PAY EQUITY SISTEM REMUNERASI TERHADAP ORGANIZATIONAL COMMITMENT KARYAWAN (Studi di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Jombang). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-putrinuzul-15224-kkckkf-k.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-putrinuzul-12670-kkckkf-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keadilan bayaran merupakan penilaian karyawan bahwa mereka telah dibayar secara adil oleh perusahaan. Perancangan dan pelaksanaan sebuah sistem kompensasi haruslah memastikan bahwa terdapat keadilan bayaran. Munculnya rasa ketidakadilan bayaran akan berpengaruh pada komitmen karyawan terhadap organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh keadilan bayaran sistem remunerasi terhadap komitmen organisasi karyawan RSUD Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan metode observasional dengan rancang bangun cross sectional. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner. Sampel penelitian adalah 89 karyawan yang diperoleh berdasarkan rumus stratified random sampling. Data yang telah diambil selanjutnya dianalisis secara analitik menggunakan uji Regresi Logistik ( = 0, 10). Hasil penelitian pada variabel keadilan bayaran menunjukkan bahwa mayoritas responden telah merasakan adanya keadilan bayaran dalam sistem remunerasi RSUD Jombang (69, 66%). Sedangkan pada variabel komitmen organisasi diperoleh hasil bahwa mayoritas responden memiliki komitmen organisasi yang tinggi terhadap RSUD Jombang (70, 79%). Berdasarkan hasil perhitungan statistik diperoleh nilai Exp. (B) sebesar 3, 769. Hal ini berarti kemungkinan karyawan yang merasakan adanya keadilan bayaran akan memiliki komitmen organisasi tinggi 3, 769 kali lebih besar jika dibandingkan dengan karyawan yang tidak merasakan adanya keadilan bayaran. Upaya yang dapat dilakukan RSUD Jombang untuk meningkatkan keadilan bayaran adalah dengan mengkaji ulang indeks risiko dan emergensi. RSUD Jombang juga perlu untuk mengadakan sosialisasi tentang konsep dan tujuan diberlakukannya sistem remunerasi pada karyawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 72/10 Put a
Uncontrolled Keywords: ORGANIZATIONAL BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations
Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NUZULUL KUSUMA PUTRI, 100610127UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNyoman Anita, Dr.D., drg., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 25 Feb 2011 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 08:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21963
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item