PENGARUH PERCEIVED OGANIZATIONAL SUPPORT (POS) TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) KARYAWAN DI RUMAH SAKIT JIWA MENUR SURABAYA TAHUN 2010

YOFINSA F. THENU, 100610144 (2010) PENGARUH PERCEIVED OGANIZATIONAL SUPPORT (POS) TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) KARYAWAN DI RUMAH SAKIT JIWA MENUR SURABAYA TAHUN 2010. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-thenuyofin-15226-kkckkf-k.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-thenuyofin-12672-kkckkf-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perceived Organizational Support merupakan persepsi umum individu pada tingkat dimana organisasi menilai kontribusi karyawan dan peduli pada sesuatu yang individu lakukan untuk organisasi tersebut. Perceived Organizational Support yang baik dapat muncul apabila organisasi menganut sistem perlakuan yang adil yang dapat membangun kepercayaan antar karyawan, atasan dan organisasi yang juga memiliki sistem imbalan yang menarik yang berguna untuk mempertahankan SDM yang potensial dan berkualitas. Dengan Perceived Organizational Support yang baik, dapat menimbulkan keinginan karyawan untuk berkontribusi bekerja lebih dari deskripsi kerja formal dan perilaku tersebut disebut Organizational Citizenship Behavior. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Perceived Organizational Support terhadap Organizational Citizenship Behavior karyawan RS Jiwa Menur Surabaya. Perceived Organizational Support merupakan variabel bebas yang terdiri dari keadilan prosedural (X1), keadilan distributif (X2), keterlibatan karyawan (X3), dan pengakuan (X4), sedangkan Organizational Citizenship Behavior karyawan RS Jiwa Menur Surabaya merupakan variabel tergantung (Y). Penelitian ini dilaksanakan di RS Jiwa Menur Surabaya. Sampel yang diambil berjumlah 79 karyawan dan pengambilannya menggunakan teknik probability sampling berdasarkan pada unit kerja yang ada. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, yang pengerjaannya dilakukan dengan program komputer SPSS. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa semua variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior karyawan dengan nilai F hitung sebesar 2,130 dengan tingkat signifikan 0,085 (P < 0,10). Besarnya koefisien determinasi berganda (R2) adalah 0,103. Hasil analisis menunjukan bahwa variabel keterlibatan karyawan merupakan variabel yang dominan dalam mempengaruhi Organizational Citizenship Behavior karyawan RS Jiwa Menur Surabaya, hal ini terlihat dari nilai standardized coefficient terbesar yaitu 0,429.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 74/10 The p
Uncontrolled Keywords: PERSONNEL MANAGEMENT AND ORGANIZATIONAL BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
YOFINSA F. THENU, 100610144UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNyoman Anita Damayanti, Dr., drg., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 25 Feb 2011 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 08:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21964
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item