HUBUNGAN ANTARA STUNTING DAN KADAR HEMOGLOBIN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Penelitian di SDN 1 Kedungrejo Desa Kedungrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi)

ERIKE RELLY DYAH S., 100610016 (2010) HUBUNGAN ANTARA STUNTING DAN KADAR HEMOGLOBIN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Penelitian di SDN 1 Kedungrejo Desa Kedungrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-erikerelly-15937-kkckkf-k.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-erikerelly-13339-erikere-h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Stunting merupakan pertumbuhan tulang dan tinggi seseorang yang mengalami keterlambatan sehingga dapat mempengaruhi pengurangan kecepatan pertumbuhan linear seseorang. Kondisi ini dapat terjadi karena asupan makanan yang tidak cukup dalam jangka waktu yang lama. Stunting menimbulkan keadaan yang merugikan baik pada masa anak-anak maupun masa dewasa termasuk efek terhadap kesehatan, kemampuan kognitif dan prestasi belajar. Kadar Hemoglobin seseorang sangat berpengaruh bagi terdistribusikannya oksigen ke seluruh tubuh zat besi berfungsi sebagai pigmen pengangkut oksigen dalam darah. Kurangnya kadar oksigen dalam darah dapat menyebabkan terganggunya fungsi sel di seluruh tubuh termasuk otak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara stunting dan kadar hemoglobin dengan prestasi belajar siswa SDN 1 Kedungrejo. Penelitian ini tergolong jenis penelitian obsevasional-analitik, data dikumpulkan secara cross sectional. Kriteria sampel pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V, siswa tidak sedang dalam kondisi sakit, dan bagi siswa perempuan yang belum mengalami menstruasi. Terdapat 50 sampel dan ditentukan dengan teknik simple random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri dari tinggi badan menurut umur, kadar hemoglobin dan prestasi belajar. Data lain dikumpulkan dengan kuisioner. Analisa data yang digunakan adalah menggunakan uji korelasi pearson bila data berdistribusi normal atau menggunakan uji korelasi spearman jika data berdistribusi tidak normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stunting memiliki hubungan yang signifikan terhadap prestasi belajar (p<0,05) berdasarkan uji korelasi spearman p=0,037. Sedangkan kadar hemoglobin tidak berhubungan dengan prestasi belajar (p>0,05) berdasarkan uji korelasi pearson p=0,969. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah stunting berpengaruh terhadap prestasi belajar seseorang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 89/10 Eri h
Uncontrolled Keywords: STUNTING, HEMOGLOBIN AND NUTRITION
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
ERIKE RELLY DYAH S., 100610016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTriska Susila Nindya, , S.KM, M.PH (Nutr.)UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 10 Mar 2011 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 12:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21975
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item