FAKTOR BIOLOGI, PSIKOLOGI, SOSIAL DAN KUALITAS PERAWATAN ORGAN REPRODUKSI EKSTERNAL PADA SANTRIWATI ( Studi Kasus di Pondok Pesantren Bahaudin Al-Ismailiyah Sidoarjo Tahun 2010 )

ELY NURVITA, 100830232 (2010) FAKTOR BIOLOGI, PSIKOLOGI, SOSIAL DAN KUALITAS PERAWATAN ORGAN REPRODUKSI EKSTERNAL PADA SANTRIWATI ( Studi Kasus di Pondok Pesantren Bahaudin Al-Ismailiyah Sidoarjo Tahun 2010 ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-nurvitaely-17493-kkckkf-k.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-nurvitaely-14665-kkckkf-f.pdf
Restricted to Registered users only until 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bahasan kesehatan reproduksi masih tergolong tema yang sangat jarang dan sensitif di kalangan pesantren serta kurang mendapat porsi yang memadai dalam program kurikulum pendidikan di pesantren. Akibatnya berpengaruh pada penerapan pendidikan kesehatan reproduksi yang kurang maksimal. Selain itu dapat memicu dampak yang sangat besar yakni kondisi sosial. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor biologi, psikologi dan sosial yang mempengaruhi perawatan organ reproduksi eksternal pada santriwati di Pondok Pesantren Bahaudin al-Ismailiyah Sidoarjo tahun 2010. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara faktor-faktor yang berhubungan dengan praktik perawatan organ reproduksi eksternal wanita yaitu, faktor biologi (umur, usia menarche, siklus menstruasi, lama menstruasi), psikologi (pengetahuan, sikap), sosial (paparan pendidikan, paparan informasi dan fasilitas sumber informasi, Sarana kebersihan dan kesehatan) terhadap perawatan organ reproduksi eksternal wanita. Penelitian ini bersifat analitik observasional dengan desain cross sectional dan menggunakan simple random sampling. Populasi pada penelitian ini adalah santriwati yang sudah menarche, dengan jumlah populasi sebesar 51 orang santriwati di pondok pesantren Bahaudin al-Ismailiyah Sidoarjo tahun 2010. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil uji hubungan ganda dengan multiple logistic regression menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara siklus menstruasi dan sikap dengan perawatan organ reproduksi eksternal wanita (p < 0,05), sedangkan umur, usia menarche, lama menstruasi, pengetahuan, paparan pendidikan, paparan informasi dan fasilitas sumber informasi, Sarana kebersihan dan kesehatan terhadap perawatan organ reproduksi eksternal wanita (p > 0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 142-10 Nur f
Uncontrolled Keywords: REPRODUCTION HEALTH
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
ELY NURVITA, 100830232UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWINDHU PURNOMO, Dr. , dr., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 31 Mar 2011 12:00
Last Modified: 14 Jun 2017 05:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22055
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item