EFEKTIVITAS IPAL KOMUNAL DI KELURAHAN KARAH, KECAMATAN JAMBANGAN, KOTA SURABAYA DALAM MENURUNKAN KADAR BOD5, COD, pH, SERTA SUHU AIR LIMBAH

SILVIA RIZKI WARDHANI, 100610048 (2010) EFEKTIVITAS IPAL KOMUNAL DI KELURAHAN KARAH, KECAMATAN JAMBANGAN, KOTA SURABAYA DALAM MENURUNKAN KADAR BOD5, COD, pH, SERTA SUHU AIR LIMBAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-wardhanisi-14778-kkckkf-e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permasalahan air limbah rumah tangga menjadi masalah yang serius bagi pemerhati lingkungan dan insan lingkungan hidup, sebab kebanyakan kota-kota besar belum memiliki fasilitas pengelolaan limbah rumah tangga perkotaan yang memadai. Di kota-kota besar seperti Surabaya air limbah tidak bisa diabaikan, sebab limbah cair domestik dari pemukiman bantaran Kali Surabaya memberikan kontribusi pencemaran cukup besar selain limbah cair dari sektor industri. Penelitian ini bertujuan mengkaji efektivitas sistem pengelolaan air limbah domestik di Kelurahan Karah, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya. Penelitian ini bersifat observasional dan menurut waktunya, merupakan penelitian cross sectional dengan metode observasi serta mengukur parameter kadar rata-rata BOD5, COD, pH, serta suhu air limbah sebelum dan sesudah pengolahan. Sampel diambil selama 7 hari berturut-turut, dalam 1 hari dilakukan 2 kali pengambilan yaitu pagi dan sore hari pada bak influen dan effluen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penurunan kadar BOD5 sesudah pengolahan sebesar 73.03% dengan kadar rata-rata sesudah pengolahan 66.07 mg/l, penurunan kadar COD sebesar 67.03% dengan kadar rata-rata sesudah pengolahan adalah 152.90 mg/l. Serta pH rata-rata sesudah pengolahan adalah 7.25 yang cenderung mengalami kenaikan, dan suhu sesudah pengolahan adalah 28.8oC yang tidak jauh berbeda bila dibandingkan suhu sebelum pengolahan. Dari hasil uji statistik dapat dilihat adanya perbedaan yang bermakna dengan p<0.05 kadar BOD5 dan pH, serta tidak terdapat perbedaan yang bermakna kadar COD dan suhu air limbah dengan p>0.05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah efektivitas limbah cair domestik IPAL Komunal Karah cukup baik, yaitu sangat efektif dalam menurunkan kadar BOD5 dan menstabilkan pH air limbah, tetapi kurang efektif dalam menurunkan kadar COD dan suhu air limbah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 227/10 War e
Uncontrolled Keywords: REFUSE DISPOSAL INDUSTRY
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD783-812.5 Municipal refuse. Solid wastes
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
SILVIA RIZKI WARDHANI, 100610048UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLILIS SULISTYORINI, , Ir. M. KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 01 Apr 2011 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 13:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22081
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item