CUSTOMER VALUE PASIEN JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS WONOKUSUMO

RADITYA JARWENDA NOVASANI, 100810089 (2012) CUSTOMER VALUE PASIEN JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS WONOKUSUMO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-novasanira-22155-8.abstr-f.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-novasanira-22155-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Puskesmas dibangun untuk menyelenggarakan pelayanan kesehatan dasar, menyeluruh, dan terpadu bagi semua masyarakat termasuk masyarakat miskin. Salah satu upaya yang diberikan pemerintah melalui Puskesmas untuk membantu masyarakat miskin adalah adanya program jamkesmas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana nilai pelanggan dari pasien jamkesmas di Puskesmas Wonokusumo berdasarkan empat dimensi yaitu emotional value, social value, performance value, dan value for money. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengidentifikasi customer value pasien jamkesmas. Rancang bangun penelitian ini adalah cross sectional. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada pasien jamkesmas di Puskesmas Wonokusumo dengan jumlah responden sebanyak 86 pasien jamkesmas di rawat jalan. Hasil penelitian menunjukkan emotional value, social value dan performance value pasien jamkesmas terhadap petugas loket, fasilitas ruang tunggu dan kondisi tempat parkir di Puskesmas Wonokusumo dirasa masih kurang. Sedangkan untuk pelayanan dari petugas medis dan non medis selain petugas di loket sudah cukup baik. Value for money dari pasien jamkesmas menunjukkan bahwa mereka merasa mendapatkan keringanan biaya dan mempunyai pengeluaran lain ketika memanfaatkan pelayanan di Puskesmas Wonokusumo. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah emotional value, social value, performance value dan value for money pasien jamkesmas di Puskesmas Wonokusumo adalah sedang. Oleh karena itu meningkatkan komunikasi antara petugas dengan pasien jamkesmas sangat diperlukan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 186/12 Nov c
Uncontrolled Keywords: nilai pelanggan, pasien jamkesmas
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
RADITYA JARWENDA NOVASANI, 100810089UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSetya Haksama, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 04 Jan 2013 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 03:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22141
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item