PENGARUH MANAJEMEN PENYELENGGARAAN MAKANAN DI PONDOK PESANTREN TERHADAP KEJADIAN ANEMIA PADA SANTRIWATI (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al Hidayah Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur)

DYNANINGTYAS AGENG WINANTU, 100431521 (2006) PENGARUH MANAJEMEN PENYELENGGARAAN MAKANAN DI PONDOK PESANTREN TERHADAP KEJADIAN ANEMIA PADA SANTRIWATI (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al Hidayah Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-winantudyn-2471-fkm126-k.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-winantudyn-2471-fkm126_-6.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Anemia defisiensi zat besi di Indonesia masih merupakan masalah gizi utama di masyarakat, dimana prevalensi anemia masih tinggi terjadi di kalangan anak remaja putri usia 10-14 tahun (57,1%) setelah ibu hamil. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh manajemen penyelenggaraan makanan di pondok pesantren terhadap kejadian anemia pada santriwati di Pondok Pesantren Al Hidayah Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah observasional bersifat analitik, dilihat dari waktunya merupakan penelitian bersifat cross sectional. Sampel penelitian ini adalah santriwati usia 15-18 tahun yang dipilih secara systematic random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 34 santriwati, pengelola, dan pengajar di Pondok Pesantren Al Hidayah. Hasil laboratorium telah ditemukan santriwati yang menderita anemia defisiensi zat besi sebesar 23,53% dengan rata-rata kadar hemoglobin sebesar 12,54 mg/dl, dan manajemen penyelenggaraan makanan (porsi menu) sehari santriwati yang kurang sebesar 61,76%. Berdasarkan uji statistik korelasi Pearson tentang pengaruh manajemen penyelenggaraan makanan (porsi menu) di pondok pesantren terhadap kejadian anemia pada santriwati diperoleh p (0,028)<α (0,05). Disimpulkan ada pengaruh manajemen penyelenggaraan makanan (porsi menu) terhadap kejadian anemia pada santriwati di Pondok Pesantren Al Hidayah Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi. Diharapkan kepada Puskesmas Kendal melakukan upaya penanggulangan masalah anemia defisiensi zat besi pada remaja yang ada di wilayah kerjanya dan lingkungan Pondok Pesantren. Diharapkan Pondok Pesantren meningkatkan pentingnya kesehatan dan gizi santri agar kualitas dan kuantitas santri yang dibentuk sangat baik. Diwujudkan dalam bentuk perbaikan manajemen penyelenggaraan makanan khususnya menu santri setiap hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 126/06 Win p
Uncontrolled Keywords: Manajemen Penyelenggaraan Makanan, Anemia, Remaja, Pondok Pesantren, Management of food implementation, Anemia, Teenagers, Moeslim boarding school.
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC666-701 Diseases of the circulatory (Cardiovascular) system
T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Gizi Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
DYNANINGTYAS AGENG WINANTU, 100431521UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Adiningsih, Dr., dr., M.S., M.CNUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 09 Oct 2006 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 16:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22161
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item