FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN PENYAKIT INFEKSI AKIBAT KERJA PADA PERAWAT (Studi pada perawat di instalasi rawat inap RS William Booth Surabaya periode bulan Januari - Juli 2005)

IVANA SILAWATI, 100110850 (2006) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN PENYAKIT INFEKSI AKIBAT KERJA PADA PERAWAT (Studi pada perawat di instalasi rawat inap RS William Booth Surabaya periode bulan Januari - Juli 2005). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Ivana Silawati.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-silawatiiv-2548-fkm140_-6.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perawat mempunyai peranan yang penting dalam pelayanan kesehatan khususnya dalam rawat inap. Dan dalam melaksanakan perannya perawat memiliki angka risiko terinfeksi penyakit lebih besar dibandingkan profesi lain. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui prevalensi penyakit infeksi yang berhubungan dengan kerja pada perawat yang bekerja di instalasi rawat inap dan faktor faktor yang mempengaruhi kejadian penyakit infeksi yang berhubungan dengan kerja. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui prevalensi kejadian penyakit infeksi yang berhubungan dengan kerja dan mempelajari faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini dilaksanakan di instalasi rawat inap RS William Booth Surabaya dengan prevalensi penyakit infeksi yang berhubungan dengan kerja sebesar 35.5%. Waktu penelitian pada bulan Januari - Juli 2005. Penelitian dilaksanakan dengan cara cross sectional dengan menggunakan kuisioner. Kuisioner dibagikan pada perawat di instalasi rawat inap RS William Booth Surabaya. Tidak dilakukan sampling pada penelitian tersebut dikarenakan jumlah populasi penelitian tidak lebih dari 50 orang. Variabel yang diteliti meliputi karakteristik, status gizi, kecukupan asupan gizi, kecukupan olah raga, kecukupan tidur dan kepatuhan terhadap aseptic medical. Masing masing variabel yang diteliti diuji dengan regresi logistik ( = 0.05) Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan pada status gizi (p=0.757) kecukupan tidur (p=0.123), keteraturan berolah raga (p=0.504). Dan terdapat pengaruh signifikan pada kecukupan asupan gizi (p=0.034) dan kepatuhan terhadap aseptic medical (p=0.045). Tetapi kepatuhan terhadap aseptic medical mempunyai pengaruh yang berlawanan hal ini disebabkan karena dalam penelitian tidak memperhatikan periode waktu. Untuk mencegah terjadinya penyakit infeksi yang berhubungan dengan kerja perlu diperhatikan kecukupan asupan makanan setiap hari untuk membentuk daya tahan tubuh dari dalam. Perlu diperhatikan juga penggunaan alat pelindung diri dan kebiasaan mencuci tangan guna membendung kuman penyakit dari luar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 140/06 Sil f
Uncontrolled Keywords: Faktor yang mempengaruhi, prevalensi penyakit infeksi, kerja perawat
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC109-216 Infectious and parasitic diseases
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
IVANA SILAWATI, 100110850UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSho'im Hidayat, dr., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 12 Oct 2006 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 04:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22196
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item