PENGETAHUAN DAN SIKAP PEKERJA LAS TERHADAP TINDAKAN PEMAKAIAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) : Studi di PT Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero)

WISNU HARMAWAN, 100311171 (2007) PENGETAHUAN DAN SIKAP PEKERJA LAS TERHADAP TINDAKAN PEMAKAIAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) : Studi di PT Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-harmawanwi-7348-fkm880-k.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-harmawanwi-7315-fkm8807.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero) merupakan perusahaan galangan kapal yang didominasi oleh pekerjaan pengelasan. Proses pengelasan mempunyai risiko bahaya yang tinggi terhadap terjadinya kecelakaan kerja maupun keluhan pada tubuh pekerja las. Oleh karena itu penting bagi 40 pekerja las PT Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero) mempunyai pengetahuan yang baik, sikap yang baik terhadap pemakaian alat pelindung diri (APD), dan memakai APD yang sesuai selama bekerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari tingkat pengetahuan, dan sikap pekerja las tentang pemakaian APD terhadap tindakan pemakaian APD. Penelitian ini diharapkan dapat membantu perusahaan untuk memperbaiki kebijakan keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Penelitian ini merupakan penelitian analitik dan dilaksanakan pada total populasi (40 pekerja las PT Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero)). Variabel yang diteliti adalah tingkat pengetahuan dan sikap pekerja las tentang pemakaian APD, tindakan pemakaian APD serta kecelakaan kerja dan keluhan yang pernah dialami selama bekerja. Pengambilan data dilakukan melalui kuisioner dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas ternyata tingkat pengetahuan dan sikap pekerja las tentang pemakaian APD tidak mempunyai hubungan dengan tindakan pemakaian APD ketika mereka bekerja (p> 0,05) meskipun sebagian besar pekerja las memakai APD selama bekerja. Sebagian besar pekerja las mengalami keluhan pada tubuhnya selama atau setelah bekerja meskipun mereka memakai APD selama bekerja. Keluhan yang sexing dialami responden adalah mata berasa pedih, merah, dan bengkak. Melihat hasil penelitian dan banyaknya pekerja las yang mengalami keluhan terhadap tubuhnya khususnya mata, hendaknya perusahaan melakukan perbaikan sistem K3 terutama berkaitan dengan lama kerja dan pekerja las setiap hari, pelaksanaan pemeriksaan kesehatan secara rutin serta pekerja las selalu memelihara dan merawat alat pelindung dirinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 88/07 Har p
Uncontrolled Keywords: attitude, knowledge, and using PPE
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
WISNU HARMAWAN, 100311171UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMeirina Ernawati, drh., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 08 Jul 2008 12:00
Last Modified: 11 Jun 2017 18:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22203
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item