SUSILO, 100531853 (2009) UPAYA PEMASARAN IRNA RUANG GARDENA DAN HELIKONIA MELALUI ANALISIS PENILAIAN DAN HARAPAN PASIEN TENTANG MARKETING MIX 7P DI RSUD KABUPATEN GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-susilo-9690-fkm020-k.pdf Download (166kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-susilo-10372-fkm02-8.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Rumah sakit merupakan organisasi yang kompleks, karena mempunyai permasalahan yang sangat rumit dan terdapat berbagai macam fasilitas pengobatan, peralatan serta berbagai orang dalam keadaan emosional yang berbeda. Pencapaian BOR IRNA Ruang Gardena dan Helikonia RSUD Kabupaten Gresik selama 6 tahun terakhir cenderung menurun, yaitu tahun 2001 sebesar 62,13 %, hingga tahun 2005 sebesar 50,83 %. Tujuan penelitian ini adalah merekomendasi upaya pemasaran untuk meningkatkan pemanfaatan IRNA Ruang Gardena dan Helikonia RSUD Kabupaten Gresik berdasarkan analisis penilaian dan harapan masyarakat tentang marketing mix 7P. Berdasarkan metodelogi riset pemasaran, penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif-kuantitatif, tekhnik pengumpulan data menggunakan quesioner. Sampel penelitian ini adalah pasien IRNA Ruang Gardena dan Helikonia RSUD Kabupaten Gresik sejumlah 63 orang pada bulan Juni sampai dengan Juli 2007. Variabel yang diteliti adalah karakteristik pasien, pelaksanaan marketing mix 7P di RSUD Kabupaten Gresik, penilaian dan harapan pasien tentang marketing mix 7. Karakteristik responden didapatkan bahwa 71,4 % responden termasuk usia produktif (16-60 tahun), 55,6 % perempuan, 52,3 % berpendidikan terakhir menengah, 50,8 % swasata, dan 88,9 % golongan ekonomi menengah kebawah. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian dan harapan pasien tentang marketing mix 7P di IRNA Ruang Gardena dan Helikonia RSUD Kabupaten Gresik berdasarkan variabel product yang sudah baik adalah kelengkapan pemeriksaan radiologi, sedangkan kelengkapan pemeriksaan laboratorium perlu ditingkatkan. Variabel price yang sudah baik adalah cara pembayaran, namun besarnya tarif pelayanan perlu diperhatikan lagi. Variabel place yang sudah baik adalah akses ke rumah sakit, sedangkan kenyamanan ruang perawatan, kenyamanan dan kebersihan ruang tamu perlu ditingkatkan. Variabel people (cross selling) yang sudah baik adalah frekuensi penawaran jenis pelayanan oleh perawat, namun oleh dokter spesialis perlu ditingkatan. Variabel process yang sudah baik adalah kecepatan pelayanan, kemudahan hubungan dan tanggapan petugas dan dokter spesialis mendengarkan keluhan pasien, sedangkan frekuensi dan ketepatan jadwal kunjungan dokter spesialis ke ruangan perlu ditingkatkan. Variabel promotion yang sudah baik adalah media dan materi promosi dari mulut ke mulut dan speaker ke ruangan, namun koran, radio dan leaflet perlu ditingkatan. Variabel physical evidence yang sudah baik adalah kelengkapan kamar mandi, TV, ruang tunggu dan ruang tamu, sedangkan kelengkapan AC, kulkas, dan telepon perlu ditingkatkan. Dari hasil penelitian diharapkan, pihak manajemen rumah sakit dapat mengambil langkah awal dalam rangka meningkatkan pemanfaatan IRNA Ruang Gardena dan Helikonia dengan mengefektifkan upaya promosi, menetapkan kebijakan tentang kunjungan dokter spesialis dan upaya cross selling.
Actions (login required)
View Item |