KESELAMATAN KERJA PADA PENYIMPANAN BATUBARA PT. Semen Gresik (Persero) Tbk Pabrik Tuban (studi di gudang penyimpanan batubara)

NINA DWI LESTARI, 100510474 H (2009) KESELAMATAN KERJA PADA PENYIMPANAN BATUBARA PT. Semen Gresik (Persero) Tbk Pabrik Tuban (studi di gudang penyimpanan batubara). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-lestarinin-10836-abstract-k.pdf

Download (689kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-lestarinin-10383-fkmhkk-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Potensi bahaya yang ada di gudang penyimpanan batubara PT. Semen Gresik (Persero) Tbk cukup besar sehingga dapat menimbulkan kebakaran. Untuk mengurangi hal tersebut diperlukan perhatian khusus dalam penyimpanan batubara. Diharapkan dengan mengetahui kondisi gudang, cara penyimpanan yang benar serta sarana keselamatan yang memenuhi syarat, maka dapat dijadikan masukan bagi pengembangan keselamatan kerja di gudang penyimpanan batubara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keselamatan kerja pada penyimpanan batubara yang sudah diterapkan oleh PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Penelitian ini dilakukan dengan mengadakan pengamatan langsung di lapangan dan dianalisis secara deskriptif yang menurut waktunya termasuk penelitian cross sectional. Data primer diperoleh melalui hasil observasi dan wawancara. Obyek penelitian ini terdiri dari 30 orang pekerja. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi gudang penyimpanan batubara tergolong baik, cara penyimpanan sudah sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Sarana keselamatan kerja telah memenuhi kriteria. Tingkat pengetahuan pekerja tergolong tahu akan keselamatan kerja di gudang penyimpanan batubara sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan keselamatan kerja pada penyimpanan batubara sudah sesuai. PT. Semen Gresik (Persero) Tbk disarankan untuk melengkapi sarana keselamatan kerja (Alat Pemadam Api Ringan, Alarm kebakaran dan Lembar Data Keselamatan Bahan) yang belum memenuhi kriteria sehingga potensi kebakaran yang mungkin timbul dapat dikurangi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FKM HKK 44 / 08 Les k
Uncontrolled Keywords: Penyimpanan batubara
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
NINA DWI LESTARI, 100510474 HUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMulyono, SKM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 02 Nov 2009 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 06:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22249
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item