GAMBARAN POTENSI BAHAYA TANGKI BALLAST KAPAL DI PT. DOK DAN PERKAPALAN SURABAYA (PERSERO) BESERTA PENGENDALIANNYA

SYAMSUL HIDAYAT, 100510507 H (2008) GAMBARAN POTENSI BAHAYA TANGKI BALLAST KAPAL DI PT. DOK DAN PERKAPALAN SURABAYA (PERSERO) BESERTA PENGENDALIANNYA. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-hidayatsya-10824-abstract-g.pdf

Download (689kB)
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-hidayatsya-10539-fkmhkk-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Setiap pekerjaan dapat menimbulkan kecelakaan, terutama pekerjaan yang berada di ruangan tertutup mempunyai resiko lebih besar dibandingkan dengan ruangan terbuka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan potensi bahaya di bagian tangki ballast kapal KM. Tanto Sahabat di PT DOK dan Perkapalan Surabaya (persero) beserta pengendaliannya. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif, dan menurut tempatnya adalah observasi lapangan. Sasaran penelitian ini adalah pekerja yang bekerja di dalam tangki ballast, data diperoleh dengan melakukan observasi dengan menggunakan check list , wawancara dan pengukuran di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi bahaya di tangki meliputi potensi tersengat listrik, bahaya mekanik, terperosok, terbentur atap tangki, sedangkan bahaya gas-gas mudah terbakar dan beracun saat pengukuran tidak ditemukan. Upaya pengendalian secara teknis dengan memasang blower sudah cukup baik dan pengukuran gas free dilakukan sekali, secara administrasi dengan membuat surat ijin kerja telah dilaksanakan tetapi pelatihan terhadap pekerja tentang tata cara memasuki tangki belum dilakukan dan pengendalian terakhir yaitu pemakaian APD yang meliputi sepatu safety, pakaian kerja dan masker kain belum memenuhi standar APD yang digunakan bekerja di dalam tangki. Disarankan agar pengukuran gas free dilakukan periodik dan kontinyu selama interval waktu ±15 menit dan setelah istirahat, pelatihan tentang tata cara memasuki tangki dilaksanakan dan seharusnya APD berupa air supplied respirator, safety helmet, safety belt, safety shoes, kacamata pelindung dan pelindung muka, sumbat telinga, pelindung badan dan pelindung tangan harus disediakan dan digunakan sesuai untuk pekerjaan di dalam tangki.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FKM HKK.08/09 Hid g
Uncontrolled Keywords: The potential hazard of work on the tank, the control hazard
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD1020-1066 Hazardous substances and their disposal
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
SYAMSUL HIDAYAT, 100510507 HUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Dwiyanti, Dra., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 25 Feb 2010 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 07:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22273
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item