PENGENDALIAN BAHAN KIMIA BERBAHAYA DI INDUSTRI KERTAS UNIT POWER PLANT PT. KERTAS LECES (PERSERO)

YEYEN PRIANGGORO, 100510493 H (2008) PENGENDALIAN BAHAN KIMIA BERBAHAYA DI INDUSTRI KERTAS UNIT POWER PLANT PT. KERTAS LECES (PERSERO). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-prianggoro-10887-abstract-p.pdf

Download (688kB)
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-prianggoro-10541-fkmhkk-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengendalian bahan kimia berbahaya menjadi hal yang sangat penting di dalam menunjang proses produksi, sebab mengingat dampak yang di hasilkan oleh bahan kimia sangat berbahaya bagi tenaga kerja, lingkungan, serta perusahaan. Maka dalam penelitian ini diambil judul “Pengendalian Bahan Kimia Berbahaya di Sub Unit Utilitas PT. Kertas Leces (Persero)”. Tujuan penelitian ini secara umum yaitu mempelajari dan memberikan gambaran tentang pengendalian bahan kimia berbahaya di Sub Unit Utilitas PT. Kertas Leces (Persero). Sedangkan tujuan khususnya yaitu Mengidentifikasi bahan kimia berbahaya yang ada di Sub Unit Utilitas PT. Kertas Leces (persero), Mempelajari upaya - upaya pengendalian bahan kimia berbahaya yang telah di lakukan di PT. Kertas Leces (persero) Probolinggo, Mempelajari sarana keselamatan kerja yang ada di Sub Unit Utilitas PT. Kertas Leces (Persero) Probolinggo, Mempelajari tingkat pengetahuan tenaga kerja di Unit Power Plant PT. Kertas Leces (Persero) Probolinggo, dan Mempelajari prosedur penanggulangan tumpahan atau bocoran bahan kimia berbahaya. Penelitian ini termasuk penelitian deskriftif dengan observasi, wawancara, dan kuesioner. Berdasarkan tempat penelitiannya maka penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan kimia yang ada di sub unit utilitas yaitu Asam sulfat (H2SO4), natrium hidroksida (NaOH), Asam chloride (HCl), chlorine (Cl2), Phosphat (PO4), Amine. Potensi bahaya bahan kimia yang ada yaitu Terpercik/tersiram ke tubuh manusia / peralatan, kebakaran / meledak, terhirup / tertelan. Upaya pengendalian yang telah di lakukan oleh PT. Kertas Leces (Persero) yaitu pengendalian teknik, administrasi, penyediaan sarana keselamatan kerja, dan penanggulangan bila terjadi tumpahan atau bocoran bahan kimia. Tingkat pengetahuan tenaga kerja tentang K3 bahan kimia di sub unit utilitas cukup baik, hanya saja pengawasan yang berhubungan dengan bahan kimia sangat kurang. Untuk itu perlu dilakukan pengawasan yang ketat untuk setiap pekerjaan yang kontak secara langsung dengan bahan kimia serta perlunya evaluasi bagi setiap tenaga kerja yang telah mendapatkan pelatihan dan penyuluhan tentang Material Safety Data Sheet (MSDS).

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FKM HKK.04/09 Pri p
Uncontrolled Keywords: Chemical hazards, control measure
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD1020-1066 Hazardous substances and their disposal
T Technology > TS Manufactures > TS920-937 Chemical processing of wood
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
YEYEN PRIANGGORO, 100510493 HUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTjipto Suwandi, Prof., Dr., H., dr., M.OH., SpOkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 25 Feb 2010 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 06:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22275
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item