VIKA SARI NAWANG WULAN, 100511612 (2010) RANCANGAN PUSKESMAS BERDASARKAN KEBUTUHAN DAN HARAPAN PELANGGAN DI DAERAH PARIWISATA TELAGA SARANGAN KABUPATEN MAGETAN TERHADAP ASPEK PEMASARAN (7P). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-wulanvikas-10827-fkm197-9.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-wulanvikas-12817-fkm197-k.pdf Download (308kB) | Preview |
Abstract
Masalah kesehatan yang dihadapi oleh para wisatawan terutama wisata di pedesaan, memerlukan pelayanan kesehatan segera secara berkualitas. Pelayanan kesehatan tersebut seharusnya bisa didapatkan di puskesmas terdekat sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya. Puskesmas seharusnya dapat memberikan pelayanan kesehatan tersebut, mengingat puskesmas sekarang telah mengalami perubahan yang signifikan di era reformasi, yang tadinya bersifat sentralistik menjadi desentralistik dengan program kesehatan dasar (basic six) dan program kesehatan pengembangan. Program kesehatan pengembangan dapat dikembangkan berdasarkan situasi dan kondisi kesehatan di wilayah puskesmas yang bersangkutan. Namun kenyataannya daerah pariwisata telaga sarangan belum tersedia puskesmas yang memenuhi standar pelayanan kesehatan di daerah pariwisata Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kebutuhan dan harapan pelanggan akan pelayanan kesehatan di daerah pariwisata sehingga dapat dibuat rancangan puskesmas berdasarkan kebutuhan dan harapan terhadap aspek pemasaran (7P). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke telaga sarangan dan masyarakat Kelurahan Sarangan. Besar sampel wisatawan 70 yang diambil secara acak dan 68 mayarakat Kelurahan Sarangan yang diambil secara proporsional sampling karena meliputi 3 lingkungan yaitu Lingkungan Sarangan, Lingkungan Singolangu dan lingkungan Nglueng. Cara pengumpulan data dilakukan melalui survei dengan kuesioner, dan indepth interview. Penyajian data dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi. Empat prioritas jenis pelayanan kesehatan yang dibutuhkan responden antara lain pelayanan gawat darurat, pelayanan ambulans 24 jam, pelayanan 24 jam, dan klinik pengobatan dasar. Harapan akan tarif, promosi dan pemberi pelayanan kesehatan antara responden masyarakat dan wisatawan berbeda tetapi harapan responden akan tempat, fasilitas dan proses pelayanan kesehatan di Puskesmas Sarangan hampir sama. Dengan memberikan pelayanan kesehatan berdasarkan kebutuhan dan harapan pelanggan di daerah pariwisata terhadap aspek pemasaran (7P) diharapkan pelanggan dapat memanfaatkan Puskesmas Sarangan ini bila nantinya membutuhkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK FKM 197 / 09 Wul r | ||||||
Uncontrolled Keywords: | expectation, need, Puskesmas | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics |
||||||
Divisions: | 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Dhani Karolyn Putri | ||||||
Date Deposited: | 29 Jun 2010 12:00 | ||||||
Last Modified: | 01 Oct 2016 07:52 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22279 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |