PERBEDAAN ANGKA MPN Escherichia coli MINUMAN LEGEN DI KIOS DAN DI RUMAH MAKAN SEPANJANG JALAN VETERAN KOTA GRESIK

AMELIYA KURNIYAWATI, 100511598 (2009) PERBEDAAN ANGKA MPN Escherichia coli MINUMAN LEGEN DI KIOS DAN DI RUMAH MAKAN SEPANJANG JALAN VETERAN KOTA GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-kurniyawat-12562-fkm133-k.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-kurniyawat-11048-fkm133-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Legen merupakan minuman tradisional yang sudah banyak digemari masyarakat karena selain rasanya yang enak dan menyegarkan juga karena harganya yang murah sehingga menjadi daya tarik untuk masyarakat membeli minuman ini. Sekalipun hanya berlokasi di pinggir jalan, dibutuhkan cara yang baik dan benar dalam mengelola dan menangani minuman, sehingga sesuai dengan KEPMENKES RI Nomor 907/MENKES/SK/VII/2002 tentang Syarat-Syarat dan Pengawasan Kualitas Air Minum bahwa air minum harus bebas dari bakteri Escherichia coli. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis perbedaan angka MPN Escherichia coli minuman legen di kios dan di rumah makan yang terdapat di sepanjang jalan Veteran kota Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dan berdasarkan rentang waktunya merupakan penelitian cross sectional. Sampel diambil secara total populasi yaitu 17 pedagang kios dan 3 pedagang rumah makan dengan pengulangan sebanyak 3 kali. Sedangkan uji yang digunakan untuk melihat perbedaan angka MPN Escherichia coli menggunakan uji Independent samples test dan untuk melihat apakah ada keterkaitan antara kualitas legen dengan tempat berjualan menggunakan uji Fisher's Exact Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keseluruhan 14 kios dan 2 rumah makan mengandung bakteri Escherichia coli dan hal ini masih belum sesuai dengan standart. Dari uji Independent samples test didapatkan hasil p=0,000 <α=0,05 Ho ditolak berarti angka MPN Escherichia coli minuman legen di kios lebih tinggi signifikan dari pada di rumah makan, sedangkan menurut uji Fisher's Exact Test diperoleh hasil sig=0,87 >α=0,05 Ho diterima berarti tidak ada keterkaitan antara kualitas legen dengan tempat berjualan. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah angka MPN Escherichia coli minuman legen di kios lebih tinggi signifikan dari pada di rumah makan yang terdapat di sepanjang jalan Veteran kota Gresik yang terdapat di sepanjang jalan Veteran kota Gresik. Saran yaitu perlu adanya pembinaan, pengawasan dan evaluasi kesehatan oleh instansi terkait serta untuk peneliti selanjutnya hendaknya meneliti juga faktor higiene, sanitasi wadah, sanitasi proses pengolahan dan peralatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 133 / 09 Kur p
Uncontrolled Keywords: legen beverage seller, MPN of Eschericia Coli
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA601-602 Food and food supply in relation to public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
AMELIYA KURNIYAWATI, 100511598UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoedjajadi Keman, Prof., dr., MS., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 27 Jul 2010 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 07:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22332
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item