HUBUNGAN KUALITAS FISIK, KIMIA, DAN MIKROBIOLOGI UDARA DALAM RUANG DENGAN KELUHAN PENGHUNI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A KABUPATEN SIDOARJO

Cahyatri Rupisianing Candrasari, 100511775 (2009) HUBUNGAN KUALITAS FISIK, KIMIA, DAN MIKROBIOLOGI UDARA DALAM RUANG DENGAN KELUHAN PENGHUNI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A KABUPATEN SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-candrasari-12857-fkm279-k.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-candrasari-11604-fkm279-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tempat tinggal merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia dan merupakan cerminan pribadi serta status sosial manusia yang dipengaruhi oleh tingkat sosial ekonomi dan pengadaannya mempunyai kriteria comfort (nyaman), aesthetic (indah), dan secure (aman). Seperti halnya rumah, Lembaga Pemasyarakatan Kelas 2A Sidoarjo, penghuninya juga menginginkan “tempat tinggal” tersebut layaknya rumah pribadi yang bisa memberikan rasa aman dan nyaman. Sarana hunian yang ada di lapas saat ini tidak lagi memenuhi standar minimum yang mensyaratkan standar kesehatan seperti kesehatan, ventilasi yang baik dan didukung dengan peralatan tidur yang memadai serta memenuhi rasa aman bagi penghuni. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi hubungan kualitas udara dalam ruang dengan keluhan yang dirasakan oleh penghuni. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Data penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder dengan pengambilan data melalui observasi, wawancara, pengukuran di lapangan serta penelusuran dokumen dari instansi terkait. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 538 orang. Sampel yang diambil sebanyak 120 orang dengan metode Cluster Random Sampling. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan analitik menggunakan Uji Korelasi Spearman dengan α 5%. Disimpulkan bahwa variabel yang berhubungan dengan keluhan yang dirasakan penghuni adalah kadar suhu dalam ruang dengn nilai Sig.<α. Disarankan agar para penghuni tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat hunian dan lebih memanfaatkan ventilasi yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 279/09 Can h
Uncontrolled Keywords: KULITAS FISIK; KUALITAS KIMIA; KUALITAS MIKROBIOLOGI; KELUHAN KESEHATAN
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry
Q Science > QR Microbiology > QR1-502 Microbiology
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
Cahyatri Rupisianing Candrasari, 100511775UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJ. Mukono, Prof., Dr., dr., M.S., M.PHUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 28 Sep 2010 12:00
Last Modified: 11 Oct 2016 01:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22413
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item