HUBUNGAN POLA MAKAN, STATUS ANEMIA DENGAN KESEGARAN JASMANI PADA ANAK SD

Ema Dwi Lukitasari, 100730365 (2009) HUBUNGAN POLA MAKAN, STATUS ANEMIA DENGAN KESEGARAN JASMANI PADA ANAK SD. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-lukitasari-11644-fkm247-9.pdf

Download (783kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-lukitasari-11644-fkm247-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Anemia gizi besi di masyarakat atau dikenal dengan kurang darah, merupakan salah satu masalah gizi utama di Indonesia yang dapat diderita oleh seluruh kelompok umur,termasuk anak sekolah di Indonesia terancam anemia defisiensi besi. Dampak yang ditimbulkan anemia gizi pada anak adalah terjadinya gangguan pertumbuhan fisik, perkembangan otak, motorik, mental dan kecerdasan terhambat, daya tangkap belajar menurun, pertumbuhan dan kesegaran fisik menurun serta interaksi sosial kurang. Atas dasar kenyataan tersebut maka dilakukan penelitian ini untuk menganalisis hubungan pola makan, status anemia dengan kesegaran jasmani di SDN Mojosulur 2 Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan pola makan, status anemia dengan kesegaran jasmani pada anak SD. Selain itu, penelitian ini juga dimaksudkan untuk mempelajari karakteristik responden dan karakteristik keluarga responden, pola makan dan tingkat konsumsi gizi responden, status gizi dan status anemia responden. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan menggunakan metode survey dan data dikumpulkan secara cross sectional. Kriteria sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas 3, 4 dan 5 sekolah dasar. Terdapat 78 sampel dan ditentukan dengan teknik simple random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri dari kadar hemoglobin dan hasil uji kesegaran jasmani. Data lain dikumpulkan dengan kuesioner. Analisa data yang digunakan adalah chi square. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan antara status gizi dengan kesegaran jasmani responden dan terdapat pula hubungan antara status anemia dengan kesegaran jasmani responden (p<0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konsumsi zat gizi (energi, protein dan zat besi) berpengaruh terhadap status gizi. Dan juga konsumsi energi, protein, zat besi, tanin, fitat, oksalat berhubungan dengan status anemia, untuk itu perlu dilakukan peningkatan dan perbaikan dalam konsumsi zat gizi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 247/09 Luk h
Uncontrolled Keywords: ANEMIA, STATUS GIZI, KESEGARAN JASMANI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education
R Medicine > RC Internal medicine > RC666-701 Diseases of the circulatory (Cardiovascular) system
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Ema Dwi Lukitasari, 100730365UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMerryana Adriani, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 06 Oct 2010 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 13:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22431
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item